Brilio.net - Patung setinggi 182 meter di negara bagian Gujarat, India, menjadi patung tertinggi di dunia. Perdana Menteri India, Narenda Modi, meresmikan patung pejuang persatuan Sardar Vallabhbhai Petel pada Rabu (31/10) kemarin. Patung ini memiliki tinggi 180 kaki, lebih tinggi dari Spring Temple Buddha di China, yang sebelumnya merupakan patung tertinggi di dunia.

Dilansir brilio.net dari Business Insider, tinggi patung ini juga melewati beberapa monumen paling ikonik di dunia, setinggi kira-kira dua kali lipat dari Patung Liberty, New York, Amerika Serikat. Pengerjaannya dibantu oleh lebih dari 2.500 orang, beberapa ratus di antaranya didatangkan dari Cina.

Patung India © 2018 brilio.net

foto: National Public Radio

Patung yang ditujukan untuk memberikan penghormatan bagi pahlawan nasional Sardar Vallabhbhai Patel ini merupakan salah satu proyek unggulan pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi. Patung tersebut menghabiskan biaya sebesar 29,9 miliar Rupee atau sekitar Rp 6 miliar.

Loading...

Patung yang dilapisi perunggu, terdiri dari hampir 100.000 ton baja dan beton. Selain itu, di lokasi patung juga akan didirikan sebuah museum yang didekasikan untuk kehidupan dan karya Petel, seperti 40.000 dokumen, 2.000 foto dan pusat penelitian.

Patung India © 2018 brilio.net

foto: National Public Radio

Diharapkan keberadaan patung ini akan menyedot wisatawan ke Gujarat. Selain itu, untuk mendorong kunjungan turis, sudah dipersiapkan galeri di ketinggian 153 meter sehingga para wisatawan dapat melihat pemandangan dari ketinggian.

Patung India © 2018 brilio.net

foto: National Public Radio

Sardar Vallabhbhai Patel dikenal sebagai wakil perdana menteri India setelah India merdeka pada 1947. Tokoh nasionalis tersebut dianggap berjasa dalam menyatukan berbagi negara bagian untuk berada di bawah negara India yang independen.