Brilio.net - Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam. Pada bulan ini terdapat berkah dan pengampunan dosa. Dengan syarat menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Perintah utama di bulan Ramadhan yang tidak boleh ditinggalkan ialah puasa. Selama sebulan penuh, puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT., maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Bulan ini dianggap istimewa, berbeda dari bulan-bulan lainnya. Salah satunya adalah nama bulan yang tertulis di Alquran dan waktu dibukanya pintu surga. Maka tak heran jika Ramadhan dijadikan momen berlomba-lomba dalam kebaikan. Karena ada begitu banyak pahala yang dijanjikan Allah SWT setiap melakukan perintahnya.

Allah SWT juga telah menjanjikan pahala bagi umatnya yang menjalankan puasa. Dengan kesungguhan hati, ikhlas karena Allah SWT, dan percaya akan janji-Nya. Tak hanya menahan lapar dan minum, esensi puasa ialah menahan hawa nafsu duniawi. Berikut ini pahala dari puasa Ramadhan jika kamu telah menunaikannya dengan baik, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (8/5).

Loading...

1. Pahala berlipat ganda.

Pahala puasa Ramadhan telah tercantum pada beberapa hadits Rasulullah SAW. Pahalanya orang berpuasa akan dilipatgandakan 10 kali, bahkan bisa sampai 700 kali lipat. Sedangkan pahala puasa sendiri akan dilipatgandakan sampai 'tak terhingga' oleh Allah SWT.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman: “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

2. Bau napas orang berpuasa adalah harumnya surga.

Allah SWT begitu menyayangi umat yang mau meninggalkan nafsu demi diri-Nya. Bahkan Allah SWT menggambarkan bau mulut orang berpuasa itu seperti wewangian di surga-Nya nanti.

Ibnu Rajab Al Hambali rahimahullah di Lathaif Al-Ma’arif mengatakan, “Sebagaimana pahala amalan puasa akan berlipat-lipat dibanding amalan lainnya, maka puasa di bulan Ramadhan lebih berlipat pahalanya dibanding puasa di bulan lainnya. Ini semua bisa terjadi karena mulianya bulan Ramadhan dan puasa yang dilakukan adalah puasa yang diwajibkan oleh Allah pada hamba-Nya. Allah pun menjadikan puasa di bulan Ramadhan sebagai bagian dari rukun Islam, tiang penegak Islam.”

Cara mendapatkan pahala puasa Ramadhan.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, puasa tak hanya menahan lapar dan haus. Melainkan juga harus menjauhi nafsu duniawi. Selain itu juga, ada beberapa amalan yang bisa kamu lakukan agar dapat meraih keberkahan Ramadhan.

1. Perbanyak zikir.

Pahala puasa Ramadhan freepik

foto: freepik.com

Berzikir adalah amalan utama bagi orang berpuasa di bulan Ramadhan. Perbuatan baik ini dapat dilaksanakan kapan saja. Namun waktu yang paling baik yakni saat siang dan malam Ramadhan.

2. Tadarus.

Pahala puasa Ramadhan freepik

foto: freepik.com

Saat tak berpuasa saja, pahala tadarus atau membaca Alquran sangat banyak. Apalagi dikerjakan saat puasa. Bulan Ramadhan adalah momen tepat jika kamu ingin menghatamkan Alquran. Seorang muslim yang berpuasa apabila menyelesaikan bacaan Alquran, akan mendapatkan keistimewaan. Allah SWT akan melipatgandakan pahalanya.

3. Perbanyak sholat sunah.

Pahala puasa Ramadhan freepik

foto: freepik.com

Sholat sunah jadi salah satu sumber pahala besar bagi umat yang berpuasa. Kendati tak wajib, jika kamu melaksanakan amalan ini, pahala puasamu juga akan bertambah. Salah satu sholat sunah di bulan Ramadhan tak lain ialah sholat tarawih. Bisa kamu lakukan berjamaah di masjid, atau sendiri di rumah.

4. Sholat lima waktu.

Pahala puasa Ramadhan freepik

foto: freepik.com

Sholat adalah tiang agama, amalan pertama yang akan dihisab kelak. Sholat juga masuk dalam rukun Islam, selain puasa. Sebab itu, jika kamu sudah berhasil menjalankan puasa dengan baik, tapi tidak sholat lima waktu, maka percuma saja. Kedua perintah ini sama-sama wajib, tidak boleh ditinggalkan.

Laksanakan sholat lima waktu secara lebih teratur dan tepat waktu. Satu rakaat sholat di bulan Ramadhan, punya berkah yang lebih banyak dibanding seribu rakaat di bulan lainnya.

5. Bersedekah.

Pahala puasa Ramadhan freepik

foto: freepik.com

Amalan sumber pahala orang berpuasa yang tak kalah besarnya ialah sedekah. Jika pada bulan biasa pahala sedekah bisa dilipatgandakan Allah SWT 10 kali lipat, bagi orang berpuasa sedekah bisa dilipatgandakan sampai tak terhingga. Contohlah cara bersedekah dari Nabi Muhammad SAW.

Bukan hanya berbentuk uang, tapi dengan memberikan buka puasa kepada mereka yang tidak mampu.

"Rasulullah adalah suri tauladan yang patut dicontoh oleh umat muslim, sebab beliau semakin dermawan saat bulan Ramadhan." (HR. Al-Bukhari No. 4771 dan Muslim No. 2307).

6. Zakat.

Pahala puasa Ramadhan freepik

foto: freepik.com

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: "Puasa bulan Ramadhan digantungkan antara langit dan bumi, dan tidak akan diterima (dengan sempurna oleh Allah swt) kecuali dengan zakat fitrah."

Zakat adalah untuk menyempurnakan puasa Ramadhan. Zakat diwajibkan bagi semua muslim yang masih punya nyawa dan akal. Selain untuk beramal kepada sesama, zakat bisa jadi pembersih diri dari segala dosa.

"Zakat Fitri merupakan pembersih bagi yang berpuasa dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan kata-kata keji (yang dikerjakan waktu puasa), dan bantuan makanan untuk para fakir miskin." (Hadits hasan riwayat Abu Daud).