Brilio.net - Notulen adalah catatan penting yang biasa ditulis di dalam rapat atau pertemuan. Dalam bahasa Inggris, notulen disebut dengan minutes. Notulen juga dapat diartikan sebagai hasil pembicaraan rapat yang ditulis dengan rapi dan seringkali dibutuhkan untuk bahan evaluasi. Notulen biasanya digunakan dalam rapat, seminar, diskusi dan jenis pertemuan yang bersifat semi formal hingga formal.

Notulen merupakan jenis catatan yang bersifat resmi sehingga keberadaannya sangat penting di dalam sebuah pertemuan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai notulen, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (15/6).

Pengertian notulen.

 pengertian, fungsi, dan susunan notulen © berbagai sumber

foto: Unsplash/Dylan Gillis

Notulen adalah catatan singkat mengenai jalannya sebuah rapat atau pertemuan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), notulen adalah catatan singkat mengenai jalannya persidangan serta hal yang dibicarakan dan diputuskan. Dalam bahasa Inggris, notulen disebut sebagai minutes, sedangkan dalam bahasa Indonesia notulen merupakan bentuk tidak baku dari notula.

Jenis catatan rapat ini sebenarnya dapat ditulis untuk segala jenis rapat yang memerlukan catatan resmi agar nantinya dapat digunakan untuk menyampaikan informasi kepada anggota tim yang berhalangan hadir atau untuk melacak keputusan dan tindakan yang dapat ditinjau kembali. Notulen bukan merupakan transkrip dari pertemuan atau rapat melainkan sebuah catatan singkat mengenai apa yang dilakukan dalam rapat. Notulen berisi poin-poin penting yang padat dan rapat.