Brilio.net - Mencuci gorden memang perkara yang gampang-gampang sulit. Jika nggak hati-hati, alih-alih makin bersih dan bisa digunakan kembali, justru merusak komponen yang ada di gorden tersebut. Suka bete nggak sih, kalau ring yang terpasang di gorden jadi copot dan rusak?

Biasanya, karena nggak mau ribet, banyak yang kemudian memutuskan untuk menyerahkan ke laundry. Tapi tenang, kamu juga bisa mencuci sendiri di rumah lho. Caranya mudah dan nggak merusak gorden yang kamu punya.

Seperti tips yang dibagikan akun TikTok @fi.04._ dilansir brilio.net pada Rabu (17/5). Pemilik akun membagikan video cara membersihkan gorden rumah yang penuh debu tampak baru dengan menggunakan mesin cuci.

Pertama, lepaskan gorden dari jendela. Selanjutnya, siapkan tongkat untuk menjaga agar pengait atau ring di gorden yang akan dicuci nggak mudah rusak. Jika ring gorden sudah dikaitkan dengan tongkat, kemudian masukkan gorden ke mesin cuci. Namun yang perlu diperhatikan, cara ini hanya bisa digunakan untuk mesin cuci 2 tabung.

tips nyuci gorden © TikTok

foto: TikTok/@fi.04._

Tongkat tersebut akan menjaga agar ring tidak rusak saat pencucian gorden dengan mesin cuci. Tongkat diletakkan di atas pencucian, sementara gorden dimasukkan ke mesin penggiling dengan penambahan detergen dan air bersih.