Brilio.net - Sabun, sampo, dan sikat gigi merupakan fasilitas yang jamak kamu temukan di hotel. Fasilitas sabun gratis itu bisa kamu jumpai mulai dari hotel melati hingga hotel mewah berbintang lima.

Hayo ngaku deh, di antara kamu pasti ada yang suka membawa pulang barang-barang tersebut. Namun pernahkah kamu membayangkan apa yang akan dilakukan pihak hotel terhadap sabun bekas sisa tamu?

ini yang dilakukan hotel terhadap sabun mandi bekas tamu © 2017 elitereaders

Dikutip dari laman Elite Readers, Selasa (30/5), sebuah organisasi bernama Clean The World berinisiatif untuk mendaur ulang sabun bekas hotel yang tak habis dipakai oleh para tamu.

Tujuan utama dari organisasi yang didirikan sejak 2009 itu adalah berusaha menghentikan kebiasaan membuang sabun bekas. Mereka akan mengumpulkan sabun-sabun bekas dari hotel dan didaur ulang sehingga bisa diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

ini yang dilakukan hotel terhadap sabun mandi bekas tamu © 2017 elitereaders

"Suatu hari saya berada di kamar hotel dan bertanya-tanya, 'apa yang akan terjadi pada sabun dan sampo setelah saya gunakan?' Saya pun berpikir untuk melakukan daur ulang dan menanyakan langsung kepada pihak hotel," cerita Shawn Seipler, sang pendiri organisasi tersebut.

"Akhirnya kami mengumpulkan sabun-sabun bekas hotel, mendaur ulang, mensterilkan lalu membagikannya kepada masyarakat yang membutuhkan. Sabun adalah bahan paling penting untuk menjaga kesehatan," sambungnya.

ini yang dilakukan hotel terhadap sabun mandi bekas tamu © 2017 elitereaders

Sisa sabun yang sudah disortir oleh Clean the World ini nantinya akan didaur ulang dengan sangat hati-hati dan sesuai SOP kesehatan dunia. Aksi mereka bertujuan untuk menekan penyebaran penyakit di negara-negara miskin seperti di Afrika.

"Penyakit diare telah membunuh 1,8 juta jiwa per tahunnya. Terdapat lebih dari 2,5 miliar kasus diare yang menyerang anak-anak berusia di bawah 5 tahun dan sekitar 50% hal tersebut terjadi di Afrika dan Asia Selatan," kata Shawn.

ini yang dilakukan hotel terhadap sabun mandi bekas tamu © 2017 elitereaders

Clean The World pun bekerja sama dengan perusahaan yang bergerak di perhotelan untuk menyukseskan program mereka. Hingga sekarang, donasi sabun yang mereka terima berasal dari berbagai daerah seperti Florida, Las Vegas, Orlando, hingga Hong Kong.

Tak hanya memberikan sabun secara cuma-cuma, Clean the World juga memberi penyuluhan tentang bagaimana menjaga kebersihan, seperti cara mencuci tangan dan mandi.