Brilio.net - Kasus pencurian kendaraan bermotor roda dua masih kerap terjadi. Makin hari, pelakunya malah semakin nekat. Bukan cuma dilakukan saat malam hari ketika sedang sepi. Siang hari saat suasana ramai sekalipun, pencuri bisa beraksi dengan mulus tanpa ketahuan.

Meski beberapa pabrikan sudah menyematkan sistem keamanan pada sepeda motor, aksi pencurian sering kali terjadi hanya dalam hitungan menit. Beberapa waktu belakang banyak beredar informasi di media sosial terkait penguncian setang menghadap ke kanan lebih aman dibanding arah sebaliknya, benarkah demikian?

Dilansir brilio.net dari liputan6.com, Kamis (17/10), menanggapi hal tersebut, Technical Division PT AHM Endro Sutarno membenarkan hal tersebut. Ia menilai setang motor yang menghadap kanan lebih menyulitkan pencuri saat hendak melakukan aksi pencurian.

"Itu memang dari dulu sudah bisa kunci ke kanan dan kiri. Memang prinsipnya kunci setang mau ke kanan atau ke kiri bebas saja, cuma kalau susah dibobol itu memang menghadap kanan. Begitu setang motor miring ke kanan, setang akan berada di atas lubang kunci," ujar Endro di Jakarta.

kunci setang kanan aman benarkah © liputan6.com

foto: liputan6.com

 

Posisi kunci motor bebek dan skutik yang berada di bawah setang diakui Endro akan menyulitkan pencuri saat harus mencungkil kunci kontak kendaraan. Waktu yang dibutuhkan untuk merusak kunci kontak lebih lama, sehingga memposisikan setang menghadap ke kanan cukup berpengaruh pada sistem keamanan motor.

"Untuk kunci yang di atas sebenarnya tidak berpengaruh, cuma memang untuk motor matik atau cab (bebek) itu posisi kuncinya kan di bawah setang, sehingga saat dikunci posisi ke kanan, menutup keluasaan orang untuk mencungkil bagian kuncinya. Lebih kepada ruang geraknya aja. Untuk sistem kerjanya sama saja kanan maupun kiri," tutur Endro.

Meski memang tetap masih bisa dibobol pencuri, tapi paling tidak pencuri butuh waktu yang lama untuk melakukannya. Paling aman adalah dengan menambah kunci ganda pada kendaraan bermotor saat terparkir. Dengan begitu, motor akan aman tanpa perlu risau jika ditinggal di tempat parkir.