Brilio.net - Dalam sebuah acara kenegaraan atau acara-acara resmi lainnya, jabat tangan atau bersalaman merupakan hal yang biasa dilakukan oleh seorang pejabat dengan pejabat lainnya. Bersalaman merupakan ritual pendek di mana dua orang saling menggenggam tangan satu sama lain.

Umumnya, bersalaman dilakukan saat orang memberikan ucapan selamat atau sekadar mengawali serta mengakhiri sebuah pertemuan. Selain itu, salaman juga dapat berarti memberikan apresiasi serta bentuk persetujuan.

Tahukah kamu? Ada kejadian unik saat acara penyerahan surat kepercayaan dari 12 Duta Besar atau Dubes luar biasa dan berkuasa penuh untuk Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (7/8) lalu. Dubes Turki, Mahmut Erol Kilic lupa menyalami Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai prosesi penyerahan surat kepercayaan.

Usai menyerahkan surat, Mahmut tampak langsung meninggalkan Presiden Jokowi. Padahal, Presiden Jokowi telah mengulurkan tangannya untuk berjabat tangan. Sadar ada hal yang salah, Mahmut pun langsung kembali menghampiri Presiden Jokowi dan akhirnya saling berjabat tangan.

Presiden Jokowi tampak tersenyum melihat kejadian unik tersebut. Tak hanya itu, para Dubes lain yang hadir juga tampak tersenyum melihat kejadian yang menghibur itu.

Loading...

Momen tersebut kemudian tersebar secara viral di media sosial. Sebuah video singkat yang diunggah oleh pengguna Twitter dengan akun @sarmus09, Jumat (9/8). Hingga saat ini, unggahan tersebut telah mendapat lebih dari 7 ribu retweet dan 10 ribu likes.

Beragam tanggapan pun dilontarkan warganet melihat video tersebut. Banyak yang merasa terhibur, tak sedikit pula yang memuji sikap santai Jokowi yang tetap tersenyum dalam kondisi itu.

"Jadi presiden kadang harus santuy," tulis akun @aephrodithe, seperti dikutip brilio.net, Minggu (11/8).

"Indonesia memang negara yang terkenal akan budaya sopan santuy," ujar akun @didisadbois.

"Hahaha ya Allah lucu amat pak... dicuekin tapi eh," tambah akun @AlulSirajuddin.