Seperti terekam dalam video momen viral nan banjir sorotan yang beredar di media sosial baru-baru ini. Dalam video yang dibagikan oleh akun TikTok @raenarayj, sebuah momen ospek di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, memperlihatkan seorang petugas translator dengan telaten mendampingi mahasiswa yang berkebutuhan khusus.

Momen pria jadi translator penyanyi untuk mahasiswa tunarungu TikTok

foto: TikTok/@raenarayj

Dalam agenda Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum Universitas Pendidikan Indonesia (MOKAKU UPI) 2023, para mahasiswa baru yang memakai seragam putih hitam itu tengah menikmati penampilan musik yang membuat mereka semua berjoget dan berdendang bersama-sama.

Di antara para mahasiswa ini rupanya ada perempuan tunarungu yang juga ikut berjoget mengikuti alunan musik. Meski punya keterbatasan indra pendengaran, dirinya tetap bisa menikmati pertunjukan tersebut dengan bantuan pria yang menjadi translator di hadapannya.

Momen pria jadi translator penyanyi untuk mahasiswa tunarungu TikTok

foto: TikTok/@raenarayj

Dengan telaten, pria yang diketahui adalah mahasiswa UPI yang menjadi relawan untuk mahasiswa difabel ini pun membantu si mahasiswi untuk memahami isi lagu yang dimainkan.

Momen pria jadi translator penyanyi untuk mahasiswa tunarungu TikTok

foto: TikTok/@raenarayj

Momen ini pun jadi viral hingga videonya sudah ditonton lebih dari 1,1 juta kali. Warganet yang melihat momen ini pun menuliskan komentarnya dengan mengapresiasi pria yang bertugas jadi translator tersebut.

"Keren sekali kakaknya," tulis @dianast__.

"Sehat terus buat orang-orang yang rela menyediakan waktu dan tenaganya mendampingi teman-teman yang punya keterbatasan khusus. Balasannya surga mas," timpal akun @nuranisam2.

"Ganteng dan baik hati. Kamu keren sekali akang," kata akun @e_fhrzy.

"Aku ikutan terharu lihat momen ini," kata akun @tusa_girls.

@raenarayj akang translator>>>> #mokakuupi2023 Tek It (Sped Up) - Cafuné