Brilio.net - Helm bukan hanya digunakan oleh penggendara motor saja, pengendara sepeda pun tak boleh melupakan helm. Ketika bersepeda, helm menjadi komponen penting karena mampu melindungi kepala dari benturan atau menjaga keamanan dari kepala. Namun tak sedikit yang masih bertanya apakah helm sepeda benar-benar bisa melindungi si pengendara ketika mengalami kecelakaan?

Dilansir brilio.net dari welovecycling.com, Kamis (9/7) para medis menjelaskan, menggunakan helm ketika bersepeda merupakan hal yang sangat penting karena dapat mencegah cedera serius pada kepala pada pengendara sepeda yang mengalami kecelakaan.

Pada tahun 80-an sangat minim penggunaan helm di antara para pengendara sepeda. Menurut informasi dari welovecycling.com, pada 1989, Diane C. Thompson dan suaminya, Dr Robert Thompson melakukan penelitian di Seattle. Mereka membuktikan bahwa pengendara sepeda yang memakai helm memiliki risiko 85 persen lebih rendah mengalami cedera kepala jika terjadi kecelakaan. Hal ini sudah jelas, menggunakan helm menjadi penting saat bersepeda.

Berbicara mengenai sepeda, sekarang ini tingkat ketertarikan orang terhadap sepeda sebagai cara menjalani pola hidup sehat sangat tinggi. Hal ini juga ditunjukkan dengan angka penjualan sepeda yang makin meningkat.

Nah sebagian besar orang memang sadar betapa helm menjadi sangat penting ketika bersepeda. Mereka pun ingin tahu bagaiaman cara memilih helm sepeda yang tepat, terutama bagi pencinta sepeda gunung atau mountain bike (MTB)

Loading...

Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai model dan cara memilih helm sepeda MTB yang tepat, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (9/7).

1. Model helm MTB.

Bagi pengendara sepeda gunung, ada beberapa jenis helm yang bisa kamu pilih. Adapun jenis-jenis helm sepeda antara lain:

- Helm MTB OUWOR

foto: amazon.ae

Helm sepeda MTB satu ini memberikan perlindungan lebih baik. Bagian luarnya cukup kuat dan busa EPS berkualitas tinggi, memberikan perlindungan ekstra.

Ukuran helm adalah 56-61 cm (22-24 inci). Cocok untuk dewasa, pria, wanita, maupun remaja. Tali dagu dan penyetelan putaran belakang sangat mudah disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Helm MTB OUWOR dirancang untuk berbagai kegiatan sepeda jalan biasa dan gunung, terutama untuk enduro dan jalan setapak. Meski sangat kuat di bagian luarnya, helm ini terbilang cukup ringan dan 16 ventilasi membuat pengguna tetap dingin selama bersepeda jarak jauh.

Bantalan spons lembut di dalam helm, tali dagu, dan bantalan dagu memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Helm keren ini seharga Rp 800 ribuan.

2. Bel Super 3R MIPS Helm Sepeda MTB.

foto: mtbwithkids.com

Helm satu ini juga terbilang cukup bagus. Tali pengait pada dagu berada di posisi yang pas dan tidak mudah lepas. Sepeda ini juga cepat mudah kering dan tidak meninggalkan bau.

MIPS adalah singkatan dari Multi-directional Impact Protection System, yang merupakan teknologi slip-plane terdepan di dalam helm. Teknologi ini dirancang untuk mengurangi benturan ketika terjadi kecelakaan.

Helm ini juga memberikan kenyamanan kepada pengendaranya, di mana tidak akan mudah merasa gerah. Selain itu, sistem pelindung yang dapat disesuaikan, serta terdapat kacamata yang bisa digunakan meskipun si pengendara menggunakan kacamata bawaannya. Hal ini sama sekali tidak menganggu penglihatan.

Ukuran kecil (52-56 cm), sedang (55-59 cm), dan besar (58-62 cm). Helm ini memiliki 23 ventilasi, 4 port alis, dan 6 ventilasi bar chin, sertifikasi sepeda CPSC.

Buat kamu yang tertarik membeli helm Bel Super 3S MIPS ini siapkan uang sekitar Rp 3 jutaan.

3. Helm sepeda gunung Exclusky MTB.

foto: aliexpress.com

Helm ini memberikan pelindungan yang cukup bagus. Busa yang terdapat di bagian dalam helm memberikan perlindungan cukup baik ketika seseorang mengalami kecelakaan.

Terdapat 18 ventilasi udara dibentuk pada helm sepeda ini sementara bobotnya hanya 280 gram. Kepala tidak akan merasakan kepanasan atau berkeringat secara berlebihan. Helm ini cocok dengan lingkar kepala 22,05-24,01 inci (ukuran dewasa).

Pelindung matahari pada helm sepeda sangat penting bagi pencinta bersepeda gunung. Semua disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Ventilasi pada Visor menjamin aliran udara masuk sehingga membuat kamu lebih nyaman saat bersepeda. Helm keren ini seharga Rp 700 ribuan.

2 dari 2 halaman

2. Cara memilih helm sepeda gunung.

Memilih helm untuk sepeda MTB menjadi perhatian khusus, pasalnya kamu harus mendapatkan helm dengan kualitas bagus. karena kamu melaju di jalur yang ekstrem. Baik membelinya secara langsung atau online, tetap kamu harus benar-benar teliti. Berikut beberapa caranya yang dilansir brilio.net dari bikesmarts.com, Kamis (9/7).

- Pilih ukuran yang pas.

Hal penting dalam memilih helm adalah ukuran yang pas untuk kamu. Helm mahal pun jika tidak sesuai ukurannya dengan kamu, maka tidak akan berguna. Jika helm terlalu longgar atau terlalu kencang, itu tidak akan memberikan perlindungan dan kenyamanan.

Agar mendapat ukuran helm yang pas dengan lingkar kepala kamu adalah dengan acara mengukurnya atau langsung mencobanya ketika hendak membeli helm. Kamu juga bisa menggunakan seutas tali untuk mengukur lingkar kepala kamu.

- Garansi.

Ketika membeli suatu barang, pastikan kamu mendapatkan garansi. Jika kamu membeli helm secara online, pastikan pula mendapatkan garansi pengembalian produk jika memang tidak cocok dengan kamu. Hal ini akan jauh lebih aman.

Sementara ketika membelinya langsung di toko, kamu bisa mengecek secara detail barang tersebut. Kamu bisa langsung mencoba helm dan tentunya tanyakan garansi produk pada toko tersebut. Hal ini untuk berjaga-jaga jika helm tersebut mengalami kerusakan tanpa kamu sadari.

- Ngetes tingkat kenyamanan kekokohan helm.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika membeli sesuatu harus benar-benar teliti. Helm harus benar-benar pas di kepala. Pastikan aman dari goncangan dan ketika melaju di jalur ekstrem helm tidak mudah goyang.

- Membandingkan harga.

Helm dengan kualitas bagus tentunya memiliki harga yang cukup tinggi pula. Oleh karenanya kamu harus melakukan riset harga, membandingkan agar mendapatkan harga yang sesuai budget.