Brilio.net - Tren mendaki gunung beberapa tahun ke belakang memang sedang digandrungi anak muda. Dari gunung terendah hingga tertinggi mereka daki untuk melihat keindahan alam. Tak sedikit juga dari mereka yang ingin memamerkannya di media sosial.

Bagi pemula yang tertarik mendaki gunung bisa nih mencoba mendaki gunung satu ini. Terlalu gampang malah. Gunung bernama Jingshan yang berada di Shouguang, Provinsi Shandong, China ini disebut-sebut sebagai gunung terkecil di dunia lho.

Dilansir brilio.net dari Odditycentral, Selasa (27/3), disebut sebagai gunung terkecil di dunia karena hanya memiliki ukuran 0,6 meter dari permukaan tanah ke titik tertinggi. Kendati demikian, gunung ini merupakan simbol keyakinan dan jadi daya tarik tersendiri bagi turis lokal. Tak heran bila banyak turis yang datang hanya untuk melihat gunung tersebut.

Jinshang © 2018 brilio.net


Keberadaan Gunung Jingshan telah tercatat dan dapat ditelusuri melalui dokumen atau catatan resmi distrik setempat sejak 100 tahun lalu. Meskipun lokasi presisi, dimensi, dan ukurannya terdengar menggelikan jikalau disebut gunung, nyatanya Jingshan sempat dipercaya sebagai ujung sebuah gunung yang terkubur di bawah tanah.

Bahkan dulunya, gunung yang mirip bongkahan batu itu menarik perhatian banyak orang untuk menggali lebih dalam agar mengetahui ketinggian Gunung Jingshan tersebut.

Menurut Zheng Binhai, kurator pertama dari Shouguang Bo Museum, selama masa pemerintahan Mao Zedong, ada sejumlah orang yang diperintahkan untuk menggali tanah di sekitar Jingshan untuk membuktikan kalau itu bukanlah gunung. Setelah menggali beberapa meter dan tak bisa menemukan dasar dari gunung tersebut, mereka menyerah.

Jinshang © 2018 brilio.net


Selanjutnya pada tahun 1958, seseorang mencoba kembali menggali tanah di sekitar Jingshan dan lagi-lagi gagal menemukan dasar dari Gunung Jingshan. Akhirnya sejak saat itu, batu besar tersebut diakui sebagai sebuah gunung yang dikenal dengan nama Jingshan.

Sejak saat itu, banyak yang percaya bahwa 'bongkahan batu' di tengah perkebunan tersebut adalah gunung. Melihat sejarah yang ada, kini Gunung Jingshan menjadi objek wisata yang sangat diminati di China. Pihak berwenang Shouguang tidak mengizinkan siapa pun untuk menggali di sekitarnya.

Sobat Brilio berminat ke sini?