Brilio.net - Kendaraan patroli dan juga dinas milik kepolisian biasanya terlihat mewah. Mulai dari mobil berkecepatan tinggi, motor gede dan ada juga helikopter yang dipakai untuk berpatroli.

Namun tak hanya kendaraan mewah saja, polisi juga kini pakai kendaraan tradisional untuk keperluan dinas. Yaitu bajaj, kendaraan yang dulu pernah menjadi angkutan ikonik di ibu kota. Sudah jarang digunakan sebagai angkutan, kini kendaraan beroda tiga ini malah digunakan kendaraan patroli oleh Satlantas Polres Cilacap.

Kendaraan unik ini dinamakan Bajaj Patroli Keamanan dan Edukasi, yang kemudian disingkat menjadi Bapake. Bajaj ini terlihat di jalanan sekitar alun-alun Cilacap. Kemudian fotonya diunggah oleh akun Instagram @satlantasrescilacap.

bajaj patroli © Instagram/@satlantasrescilacap

foto: Instagram/@satlantasrescilacap

Loading...

"Blue Light Patrol Satlantas Polres Cilacap oleh BAPAKE (Bajai Patroli Keamanan & Edukasi) di alun-alun Kab.Cilacap," tulis akun tersebut seperti brilio.net kutip pada Rabu (8/8).

Dilihat dari segi kecepatan memang bajaj tidak bisa melaju secepat kendaraan lain. Namun menurut Satlantas Polres Cilacap, bajaj ini memang bukan diperuntukkan untuk menangkap pelaku kriminal. Bajaj ini berfungsi untuk edukasi yang bertujuan mengimbau kepada pengguna jalan agar senantiasa memperhatikan keselamatan.

Penampakan unik kendaraan dinas polisi ini pun mendapat perhatian masyarakat sekitar. Warganet yang melihat lewat media sosial pun meninggalkan komentar salut atas inovasi Satlantas Polres Cilacap yang menggunakan bajaj sebagai kendaraan patroli.

"Congratulation satlantas res cilacap terobosan inovasi baru nggh buat blue patroli," tulis akun @endah_lovers_kusuma_lovely.

"Hebat walaupun aku orang banyumas aku tetap bangga liat perkembangan kota cilacap," tulis akun @ardhan_assidiqi30.

"Inovasi kekinian yg mantab," tulis @dheniokta.