Bentuknya panhandle pada tiap negara mirip dengan semenanjung yang memanjang. Bedanya, panhandle tidak dikelilingi oleh perairan di semua sisinya. Sebaliknya, ia memiliki perbatasan darat setidaknya di dua sisi wilayah yang memanjang tersebut.

Mengenal juluran wilayah perbatasan negara Berbagai sumber

foto: Google Maps

Daerah lain yang mempunyai panhandle pada wilayahnya adalah India. Wilayah dari negara di Asia selatan ini sekilas terlihat normal. Namun, jika kamu melihatnya lebih detail lagi (akan terlihat jelas di peta), terdapat panhandle yang membentuk koridor dan membelah sebuah wilayah lagi di sebelah timur.

Antara wilayah barat dan timur India disambung oleh sebidang tanah yang disebut koridor Siliguri. Dilansir dari Real Life Lore, situasi semacam itu diakibatkan karena kolonialisasi di masa lampau. Dimana, setelah kepergian Inggris dari tanah India, negeri tersebut sempat mengalami konflik antar kelompok yang akhirnya menghasilkan beberapa keputusan.

Pada tahun 1947, Inggris membagi wilayah India menjadi dua antara bagian Hindu, dan Pakistan sebagai bagian Muslim. Saat itu Pakistan sendiri terdiri dari Pakistan barat dan Pakistan Timur yang mengapit India.

Mengenal juluran wilayah perbatasan negara Berbagai sumber

foto: Google Maps

Kelak Pakistan Timur akan menjadi negara Bangladesh. Sementara India masih mengklaim wilayah timur laut mereka, dengan disambungkan koridor Siliguri yang hanya seluas 27 km persegi.

Meski sempit, panhandle itu cukup membelah dan memisahkan Nepal dan Bhutan di sebelah utara. Di seluruh dunia ada 93 panhandle yang saling menjulur ke wilayah negara tetangganya. Ceritanya beragam, ada yang punya latar belakang bekas wilayah kolonialisme, ada juga yang karena perjanjian kiwari antar negara yang terjadi masa tertentu.