Dalam video unggahannya, pemilik akun tersebut menggunakan citric acid dan baking soda yang terbukti ampuh untuk membersihkan tangki toilet duduk. Nggak cuma bikin kinclong dan bebas kuman, dua bahan tersebut juga ampuh bikin tangki toilet bebas kerak.

bersihkan tangki toilet bebas dari kerak © TikTok

foto: TikTok/@myversionofzen

Biar ga gampang kerak tapi aman buat septic tank nih," tulis akun TikTok @myversionofzen dalam unggahannya, dikutip brilio.net pada Senin (15/5).

Di awal video, pemilik akun menunjukkan kondisi tangki toiletnya yang penuh lumut karena sudah lama tidak dibersihkan. Nah, untuk memulai proses pembersihan, kosongkan tangki terlebih dahulu. Tuang air hangat ke dalam tangki. Kemudian masukkan asam sitrat atau citric acid dengan takaran 250 gram.

Citric acid dapat digunakan sebagai alternatif pembersih pada alat rumah tangga yang berkerak. Senyawa ini dapat membersihkan noda dan kotoran serta menjadi desinfektan yang membunuh bakteri, jamur, dan lumut.

bersihkan tangki toilet bebas dari kerak © TikTok

foto: TikTok/@myversionofzen

Jika ada bagian tangki yang lumutan tapi posisinya lebih tinggi daripada air, maka disarankan untuk menutup pipa overflow-nya. Pipa tersebut bisa ditutup menggunakan plastik dan dikencangkan pakai karet. Kemudian, diamkan selama 1 jam.

Beberapa mungkin khawatir, apakah citric acid aman digunakan untuk membersihkan tangki toilet? Jawabannya, tentu aman. Tapi, kamu juga perlu menambahkan baking soda ke dalam tangki tersebut.

bersihkan tangki toilet bebas dari kerak © TikTok

foto: TikTok/@myversionofzen

Setelah baking soda sudah tidak berbuih lagi, kamu tinggal membersihkan dengan menyikat ringan kotoran yang menempel pada tangki toilet. Air keruh yang penuh kotoran tersebut kemudian dikosongkan. Jika masih ada sisa kotoran yang menempel, kamu cukup menyemprotkannya menggunakan bidet toilet.

bersihkan tangki toilet bebas dari kerak © TikTok

foto: TikTok/@myversionofzen

Bilas berulang kali hingga air dalam tangki sudah tidak keruh lagi. Nah, beginilah penampakan tangki toilet yang telah dibersihkan. Kotoran, kerak, hingga lumut hilang tanpa sisa.

Kalau masih bingung, kamu bisa melihat videonya di akun @myversionofzen untuk lebih jelasnya. Unggahan tersebut menuai beragam komentar dari netizen. Tak sedikit yang baru menyadari bahwa ada cara mudah membersihkan tangki toilet.

"Astagaaa selama ini aku bingung cara buka tutupan tangki closetku. Gara2 video kakak akhirnya dpt pencerahan," ujar @mayclinebeaute

Takut bisa ngebersihin tp gabisa ngebuang air kotornya," kata @dthra_

Rajin amat kakkk..... jadi termotivasii yuk bebereass hehehe," komentar @sitihj9593

 

@myversionofzen biar ga gampang kerak tapi aman buat septic tank nih #cleaninghacks #cleaningtips #cleaningday #lifehacks #tipsrumah #fyp original sound - Zen House