Brilio.net - Rumah tidak harus dibangun di atas tanah dan dari batako maupun semen. Kamu bisa memiliki hunian yang nyaman dari material kayu maupun lainnya. Selain itu, hunian harus disesuaikan dengan area tempat di mana kamu tinggal.

Seperti rumah apung yang terletak di pinggiran sungai ini. Di Kalimantan, rumah apung bukan lagi fenomena yang mengagetkan. Pasalnya, Kalimantan memiliki sungai yang lebar dan dimanfaatkan penduduk sekitar untuk membangun rumah.

Alih-alih mengeruk pinggiran sungai, mereka membangun rumah apung. Rumah apung tersebut akan menyesuaikan tinggi debit air. Agar mampu mengapung, rumah tersebut terbuat dari kayu ulin yang memiliki daya tahan yang kuat terhadap air.

Rumah apung di Kalimantan kerap disebut dengan rumah lanting. Pemilik akun TikTok @wxyz9333 ini membagikan nuansa rumah lanting di pedesaan Kalimantan Tengah yang sederhana. Meski sederhana, penataan rumah yang rapi membuatnya terlihat nyaman untuk ditinggali.

Penasaran seperti apa penampakan rumah apung ini? Berikut brilio.net himpun potretnya dari TikTok @wxyz9333, Sabtu (27/5).