Brilio.net - Berkendara melewati jalan lurus yang panjang bisa memicu kantuk yang tak tertahankan. Apalagi bila kamu sedang berada di jalan bebas hambatan seperti tol. Jalan yang mulus dan lurus tanpa rintangan apapun membuat kebanyakan pengendara lengah. Oleh karena itu, banyak cara kreatif agar pengendara tetap fokus di jalan.

Salah satunya adalah membuat polisi tidur yang bisa 'bernyanyi'. Polisi tidur ini didesain sedemikian rupa sehingga suara saat mobil melewatinya menimbulkan nada yang enak didengar. Dilansir dari Mentalfloss, Kamis (19/10) ini 5 jalan yang bisa 'bernyanyi'.

 

1. Denmark

Dua seniman dari Denmark memberi nama jalan ini sebagai 'Asphaltophone'. Uniknya, polisi tidurnya berbentuk seperti titik titik kecil daripada garis lurus seperti biasanya.

 

2. New Mexico, AS.

Jalan bernyanyi ini berada di rute historis antara Albuquerque dan Tijeras. Untuk bisa mendengar nadanya, pengendara harus mematuhi peraturan batas kecepatan 72Km/jam. Lebih sedikit saja, nada ini tak akan terdengar dengan enak.

 

3. California, Asphaltophone

Jalan di Lancaster, California ini akan memainkan bagian dari lagu "William Tell Overture" jika pengendara mematuhi batas kecepatan. Awalnya perangkat keselamatan ini dibangun dekat pemukiman warga. Tapi suaranya ternyata sangat menganggu. Walhasil, instalasi ini sekarang dibangun di jalan yang jauh dari pemukiman warga.

 

4. Gunung Fuji Jepang.

Tak hanya di Amerika, Jepang juga mempunyai jalan seperti ini. Ide dari instalasi ini diambil ketika insiyur Shizuo Shinoda secara tak sengaja menyadari bahwa celah antara polisi tidur bisa menimbulkan suara merdu.

 

5. Korea Selatan.

Hampir 70% dari pemotor di Korea Selatan mengalami kecelakaan karena mengantuk di jalan. Oleh karena itu, pemerintah setempat membuat instalasi jalan yang bisa menyanyi 'Mary Had a Little Lamb'.