Brilio.net - Hemat pangkal kaya, mungkin kamu sudah kerap mendengarkan ungkapan itu. Namun memang harus diakui, bahwa penerapannya tak selalu berjalan mulus. Tetapi jika dilakukan dengan serius, hasil manis pun bisa didapatkan setelahnya.

Hal ini dibuktikan oleh wanita asal China bernama Wang Shenai. Ibu berusia 32 tahun itu berhasil membeli hunian berupa 2 flat dari hasil berhemat selama beberapa tahun. Tak tanggung-tanggung, ia menabung sekitar 90 persen dari gajinya setiap bulan selama sembilan tahun terakhir untuk memiliki pencapaian itu.

Melansir dari News 18 pada Senin (8/10), kesuksesan Wang juga didukung oleh sikap sederhananya. Dalam obrolan bersama perusahaan China Tencent, diketahui ia melakukan penghematan cukup ekstrem.

Ia mengaku tak pernah makan di luar, memotong biaya pakaian dengan mengenakan pakaian bekas milik teman-temannya, dan menggunakan transportasi publik untuk bepergian. Bahkan wanita itu tidak pernah menghabiskan uang untuk barang-barang mewah dan makan malam mahal bersama teman-teman.

Aksi berhemat ekstrem © Pexels

foto: pexels.com

Untuk mendukung penghematannya, Wang pun sering mengambil furnitur bekas. Menariknya, Wang melakukan tindakan itu tanpa paksaaan. Sebab ia justru merasa cemas ketika mengeluarkan uang dalam jumlah banyak.

"Beberapa merasa senang setelah menghabiskan uang, tetapi menghabiskan uang membuat saya gugup dan cemas," jelasnya.

Kini Wang pun menjadi inspirasi banyak orang. Ia membagikan cara-caranya dalam berhemat secara online, dalam kelompok yang disebut Federasi Wanita Hemat. Hal ini pun membuat banyak orang semakin tertarik untuk mengulik kiat yang dilakukan Wang. Masyarakat menilai bahwa sikap Wang bijaksana, lantaran berani untuk keluar dari gaya hidup matrealistis. Terlebih lagi, ia berhasil membeli hunian tanpa mengandalkan uang dari orang tuana.

Aksi berhemat ekstrem © Pexels

foto: pexels.com

Akan tetapi, tak bisa dimungkiri kontra juga hadir kepadanya. Pilihan Wang untuk berhemat ekstrem ramai memicu kontroversi di media sosial. Sebagian orang menilai cara berhemat yang terlalu ekstrem.

Bahkan ia pun mendapatkan kritikan dengan sikap menyisihkan gaji yang terlalu banyak. Beberapa kritikan menyebut bahwa menimbun uang tak akan dapat dibawanya hingga mati. Nah kalau menurutmu sendiri gimana nih, setuju atau nggak?