Brilio.net - Emak-emak alias ibu-ibu rasanya memang pas kalau disebut sebagai pahlawan rumah. Nggak cuma jadi andalan dalam merawat keluarga, namun juga memiliki banyak ide untuk menciptakan kenyamanan di dalam rumah. Termasuk juga untuk urusan uang, sering kali para ibu dipercaya untuk mengatur biaya pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya.

Nah buat kamu yang masih merasa kesulitan mengatur keuangan rasanya wajib untuk belajar dengan pemilik akun Instagram @feti_ira36. Pasalnya wanita itu berhasil mengatur uang Rp 2,7 juta untuk keperluan selama sebulan.

Mungkin bagi sebagian orang uang tersebut tak begitu besar. Tapi, ditangan wanita itu semua kebutuhan rumah dapat tercukupi. Bahkan ia dapat menyisihkan uang untuk kebutuhan cicilan KPR hingga bersedekah. Melalui unggahan di Instagram ia pun membagikan rincian pengaturan uang gaji tersebut.

"Nah untuk pengeluaran setiap keluarga itu pasti tidak ada yang sama dan untuk keluarga aku Alhamdulillah kita punya penghasilan segini ya harus bisa mengelola dengan baik dan bijak," begitu ujarnya.

Kisah wanita atur gaji © Instagram

foto: Instagram/@feti_ira36

Dalam buku catatannya, ia membagi pengeluaran menjadi beberapa poin. Mulai dari kewajiban, kebutuhan wajib, hingga kebutuhan lain. Di dalamnya ia merinci angsuran rumah sebesar Rp 850 ribu, pembayaran tagihan listrik sebesar Rp 250 ribu, SPP sebesar Rp 250 ribu, kuota sebanyak Rp 100 ribu, hingga kebutuhan lain-lain yang disisihkan Rp 100 ribu.

Ia pun juga membuat rincian untuk kebutuhan rumah, seperti untuk pembelian beras, gas, hingga perlengkapan anak. Menariknya ia pun masih bisa menyisihkan uang sebesar Rp 170 ribu dari gaji tersebut. Sehingga ia memasukkan anggaran itu untuk kebutuhan sedekah, dana darurat, sampai dengan pemberian untuk orangtua.

"Penghasilan dan kebutuhan setiap keluarga itu berbeda, harga disetiap daerah pun juga berbeda..
Jadi tidak pernah bisa disamakan antara satu dengan yang lain," jelasnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Feti ira (@feti_ira36)

Melihat rincian yang begitu rapi itu, banyak warganet yang memberikan apresiasi. Namun banyak pula yang mempertanyakan mengenai beberapa kebutuhan yang tak dituliskan. Pengaturan gaji yang dibuat @feti_ira36 pun sontak viral di media sosial.

"Semoga menjadi ladang pahala buat mba krn bermanfaat bagi yg terbantu dg ilmu mengelola keuangan ini," kata @_himommy_

"Mak ndak jajan skincare kah mak," tanya @catatangenduk.

"Mba nanti kalo udh belanja up ya, kebutuhan bulanan sama keb anak, aq nungguin budget segitu tu dpr apa," jelas @kalls_handmade.