Brilio.net - Baru-baru ini linimasa media sosial tengah diramaikan dengan curhatan seorang yang mengaku sarjana baru atau fresh graduate dari Universitas Indonesia (UI). Melalui Instagram Storiesnya, orang yang tidak diketahui identitasnya tersebut mengaku kecewa lantaran hanya mendapat tawaran gaji Rp 8 juta dari sebuah perusahaan yang mengundangnya untuk interview kerja.

Menurutnya, gaji tersebut tidak sepadan dengan statusnya sebagai fresh graduate dari UI yang seharusnya menerima gaji standar perusahaan luar negeri. Postingan tersebut pun kemudian menjadi viral setelah akun Twitter @WidasSatyo, mengunggah ulang tangkapan layar Instagram Stories tersebut.

seleb gaji 8 juta  © 2019 brilio.net

foto: Twitter/@WidasSatyo

"Jadi tadi gue diundang interview kerja perusahaan lokal dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang. Hello meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI, Pak. Universitas Indonesia. Jangan disamain sama fresh graduate dengan kampus lain dong ah. Level UI mah udah perusahan luar negeri. Kalau lokal mah oke aja, asal harga cocok," kata orang tersebut dalam unggahan Instagram Storiesnya.

Loading...

Unggahan tersebut langsung menuai beragam respons dari para pengguna media sosial hingga membuat hastag #lulusanUI dan #gaji8juta menjadi trending topik di Twitter. Para selebriti pun nggak mau ketinggalan memberikan tanggapannya mengenai curahan sang fresh graduate tersebut lho. Termasuk para seleb yang merupakan alumni kampus yang berada di Depok, Jawa Barat tersebut.

Banyak dari mereka yang nggak setuju dengan pola pikir fresh graduate tersebut. Penasaran siapa saja seleb yang ikut menanggapi perihal gaji Rp 8 juta? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (26/7), berikut empat seleb yang ikut tanggapi gaji Rp 8 juta yang viral di media sosial.

1. Dian Sastrowardoyo.

seleb gaji 8 juta  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@therealdisastr

Melalui Instagram Storiesnya, Dian Sastrowardoyo memberikan tanggapannya mengenai curahan gaji Rp 8 juta yang tengah viral. Jebolan UI tersebut menceritakan sedikit pengalamannya saat menerima gaji pertama di bawah Rp 8 juta dengan statusnya sebagai seorang fresh graduate. Saat itu, ibu dua anak ini diterima di sebuah perusahaan konsultan manajemen multinasional pada 2008.

Nggak cukup dengan satu unggahan, ibu dua anak ini juga mengunggah postingan lain yang berisi pendapatnyah jika kesempatan belajar tak bisa dinilai dengan nominal.

"Tapi asli, kesempatan belajar itu gak bisa divaluasi dengan nilai uang. Karena yg ngerasain elo sendiri. Dude, jaman lagi susah. Dapet kerjaan aja udah alhamdulillah. People are getting laid off everyday now. Nggak ngaruh loe lulusan dari mana. Gw juga #lulusanUI tapi biasa aja kalee," tulis Dian.

2. Melanie Subono.

seleb gaji 8 juta  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@melaniesubono

Tak mau ketinggalan, Melanie Subono juga turut membahas postingan tersebut di akun Instagram pribadinya. Mengunggah tangkapan layar dari Instagram Stories yang tengah viral, Melanie Subono beranggapan jika sekolah tinggi dan uang banyak tak menjamin perilaku seseorang.

"Makasih Tuhan emak bapak saya kagak maksain gw sekolah di UI kalo keluar keluar otaknya dan bahasanya kek gini. Kan dah gw bilang... sekolah tinggi, Duit banyak dll KAGAK JAMINAN hati ama mulut orang bener...," kata Melanie.

3. Fenni Rose.

seleb gaji 8 juta  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@melaniesubono

Feni Rose juga nggak ketinggalan memberikan tanggapannya perihal postingan tersebut. Melalui kolom komentar unggahan Melanie Subono, presenter Rumpi tersebut mengutarakan jika dirinya yang juga merupakan lulusan UI tidak pernah memiliki sikap tersebut.

"Gw sekolah UI... gw pernah kerja kantoran... tp gw kok gak tengil kyk gitu... mungkin itu UI jalur susah payah kali ya? Susah masuk susah keluar..," tulis Feni Rose.

4. Raditya Dika.

Satu lagi nih selebriti yang merupakan alumni UI yang turut memberikan tanggapan mengenai gaji Rp 8 juta. Raditya Dika menyampaikan tanggapannya melalui sebuah video yang diunggah pada Kamis (25/7) di channel YouTube miliknya.

Menurutnya, perilaku tersebut hanya dimiliki oleh satu atau dua orang saja dan tidak semua alumni UI bersikap saja. Raditya Dika juga memberikan nasihat kepada si pengunggah jika sikap yang ia milikinya justru akan menjadi penghambat bagi kariernya.

"Jangan belagu. Elu baru lulus kuliah, baru mau masuk dunia kerja. Sikap atau attitude kayak gini yang tidak bisa membuat elu ke mana-mana. Karena rasa sikap arogan, sikap merasa penting dan sikap dirinya merasa hebat dibanding yang lain justru membuat kariernya nggak akan panjang," kata Raditya Dika.