Brilio.net - Seperti kita tahu Allah SWT mengkhususkan bulan Ramadhan sebagai bulan yang istimewa di antara bulan lainnya. Semua hari di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan, baik hari pertama hingga hari terakhir.

Namun perlu diketahui, bulan Ramadhan terbagi menjadi 3 fase yakni 10 hari pertama, 10 hari kedua dan 10 hari terakhir. Dimana awalnya terdapat rahmat, tengahnya terdapat ampunan, dan terakhirnya terdapat pembebasan dari api neraka.

Pada fase 10 hari pertama ini merupakan fase terberat. Sebab, ini masa peralihan dari pola makan biasa ke berpuasa.

Tidak hanya tubuh saja yang mengalami masa peralihan, namun pikiran dan hati juga berusaha beradaptasi dengan lebih sabar dan ikhlas untuk menunaikan ibadah puasa. Umat Islam yang dengan sengaja dan melalaikan ibadah pada 10 hari pertama ini akan sangat merugi.

Semua pintu rahmat dan pahala Allah dibuka dan sebagai umat muslim yang beriman dan menjalankan amalan-amalan. Umat Islam dianjurkan memperbanyak amal ibadah dan menjaga diri dari hawa nafsu yang dapat membatalkan puasa.

Loading...

Keistimewaan 10 hari pertama bulan Ramadhan.

Keistimewaan 10 hari pertama © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

1. Terbukanya pintu rahmat.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

"Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya 'Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka)."

Pada 10 hari pertama di bulan Ramadhan, Allah membuka pintu rahmat-Nya untuk setiap hamba yang melakukan puasa, dan dipandang sebagai seorang yang mulia karena menjalankan ibadah sejak awal.

2. Memberi keberuntungan.

Keberuntungan akan didapat oleh orang yang menjalankan puasa di 10 hari pertama Ramadhan. Ia akan selalu dalam lindungan Allah selama bulan Ramadhan serta selalu berada dalam petunjukNya.

3. Memperbanyak amal ibadah sunah.

Jangan melewatkan waktu di 10 hari pertama bulan Ramadhan tanpa memperbanyak ibadah sunah. Luangkan waktu untuk bribadah sunah seperti sholat dhuha, sholat rawatib, sholat tarawih, sholat witir, dan membaca Alquran.

4. Rajin membaca Alquran.

Alquran diturunkan pada bulan Ramadhan, sebagai ilmu dan pengetahuan, serta sebagai penunjuk jalan kehidupan. Nah di bulan ini pahala membaca Alquran dilipatgandakan. Membaca Alquran juga bisa mendatangkan ketenangan hati dan rahmat Allah SWT.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman yang artinya:

"Itulah Kitab yang tidak ada keraguan di dalamnya, sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa." (Al-Baqarah/2: 2)

5. Banyak berdzikir.

Dzikir adalah salah satu bentuk ibadah yang dapat dilakukan kapanpun dan di manapun tempatnya selama tempat itu suci. Zikir adalah mengingat Allah dan barangsiapa ingin selalu dekat denganNya maka perbanyaklah berzikir. Hati yang senantiasa berzikir akan selalu teringat pada Allah SWT dan dekat dengannya.

6. Sholat berjamaah.

Sholat berjamaah pada bulan puasa perlu diutamakan, terutama bagi kaum pria karena sebagaimana kita ketahui bahwa pria. Sholat berjamaah juga sebagai cara silahturahmi, serta menjaga hubungan baik anatar muslim yang juga merupakan sebuah ibadah.

Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan sholat berjamaah, meskipun dalam keadaan sakit maupun cuaca yang tidak menentu.

Doa-doa 10 hari pertama bulan Ramadhan.

Keistimewaan 10 hari pertama © 2020 freepik.com

foto: pixabay.com

1. Bacaan doa di 10 hari pertama puasa Ramadhan, hari pertama.

"Allaahummaj'al shiyami fihi shiyamash shaaimin, wa qiyaamii fiihi qiyaamal qaaimiin, wa nabbihnii fiihi an nawmatil ghaafiliin, wa hablii jurmii fiihi yaa Ilaahal alamiin, wafu annii yaa aafiyan anil mujrimiin."

Artinya:

"Ya Allah, jadikanlah puasa dan ibadahku di bulan ini seperti puasa orang-orang sejati, bangunkanlah aku di bulan ini dari kelelapan tidur orang-orang yang lupa dan ampunilah segala kesalahanku, wahai Tuhan semesta alam, dan ampunilah aku, wahai pengampun orang-orang yang bersalah."

2. Bacaan doa di 10 hari pertama puasa Ramadhan, hari kedua.

"Allaahumma qarribnii fiihi ilâ mardhaatika, wa jannibnii fiihi minsakhatika wa naqimaatika, wa waffiqnii fiihi liqiraa ati ayaatika birahmatika yaa arhamar raahimiin."

Artinya:

"Ya Allah, dekatkanlah aku di bulan ini dari ridha-Mu, hindarkanlah aku di bulan ini dari kemurkaan-Mu, dan anugerahkanlah taufik kepadaku di bulan ini untuk membaca ayat-ayat (kitab)-Mu dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Lebih Pengasih dari para pengasih."

3. Bacaan doa di 10 hari pertama puasa Ramadhan, hari ketiga.

"Allaahummarzuqnii fiihidz dzihna wattanbiih, wa baaidnii fiihi minas safaahati wattamwiih, wajallii nashiiban min kulli khyarin tunzilu fiihi, bijuudika yaa Ajwadal ajwadiin."

Artinya:

"Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku di bulan ini kecerdasan dan kesadaran diri, jauhkanlah aku di bulan ini dari ketololan dan kesesatan, dan limpahkanlah kepadaku sebagian dari setiap kebajikan yang Engkau turunkan di bulan ini. Dengan kedermawanan-Mu, wahai Dzat Yang Lebih Dermawan dari para dermawan."

4. Bacaan doa di 10 hari pertama puasa Ramadhan, hari keempat.

"Allaahumma qawwinii fiihi alaa iqaamati amrika, wa adziqnii fiihi halaawata dzikrika, wa awzinii fîhi liadaai syukrika bikaramika, wahfazhnii fiihi bihifzhika wa satrika, yaa Absharan naazhiriin.|"

Artinya:

"Ya Allah, kuatkanlah diriku di bulan ini untuk melaksanakan perintah-Mu, anugerahkan kepadaku di bulan ini kemanisan mengingat-Mu, dengan kemurahan-Mu berikanlah kesempatan kepadaku di bulan ini untuk bersyukur kepada-Mu demi kemurahan-Mu, dan dengan penjagaan dan tirai-Mu jagalah diriku di bulan ini, wahai Dzat Yang Lebih Melihat dari orang-orang yang melihat."

5. Bacaan doa di 10 hari pertama puasa Ramadhan, hari kelima.

"Allaahummajalnii fiihi minal mustaghfiriin, wajalnii fiihi min ibaadikash shaalihiinal qaanitiin, wajalnii fiihi min awliyaaikal muqarrabiin, birafatika yaa Arhamar raahimiin."

Artinya:

"Ya Allah, jadikanlah aku di bulan ini dari golongan orang-orang yang memohon pengampunan, jadikanlah aku di bulan ini dari golongan para kekasih-Mu yang dekat dengan-Mu. Dengan kasih sayang-mu wahai Dzat Yang Lebih Pengasih dari para pengasih."

6. Bacaan doa di 10 hari pertama puasa Ramadhan, hari keenam.

"Allaahumma laa takhdzulnii fiihi litaarrudhi mashiyatika, wa laa tadhribnii bisiyaathi naqimika, wa zahrihnii fiihi min muujibaati sakhatika, bimannika wa aayaatika yaa Muntahaa raghbatir raaghibiin."

Artinya:

"Ya Allah, jangan Kau hinakan aku di bulan ini karena keberanianku bermaksiat kepada-Mu, jangan Kau cambuk aku dengan cambuk kemurkaan-Mu dan jauhkanlah aku dari (segala perbuatan) yang menyebabkan murka-Mu. Dengan anugerah dan kekuasaan-Mu wahai Puncak Harapan para pengharap."

7. Bacaan doa di 10 hari pertama puasa Ramadhan, hari ketujuh.

"Allaahumma ainnii fiihi alaa shiyaamihi wa qiyaamihi, wajadzdzibnii fiihi min hafawaatihi wa aatsaamhi, warzuqnii fiihi dzikraka bidawaamihi, wa bitawfiiqika yaa Hâdil mudhilliin."

Artinya:

"Ya Allah, bantulah aku di bulan ini dalam melaksanakan puasa dan ibadah, jauhkanlah aku di bulan ini dari kesalahan dan doa-dosa (yang tidak pantas dilaksanakan) di dalamnya, dan anugerahkanlah kepadaku di bulan ini (kesempatan untuk) mengingat-Mu untuk selamanya dengan taufik-Mu, wahai penunjuk jalan orang-orang yang sesat."

8. Bacaan doa di 10 hari pertama puasa Ramadhan, hari kedelapan.

"Allaahummarzuqnii fiihi rahmatal aytaam, wa ithaamath tha aam, wa ifsyaa as salaam, wa shuhbatal kiraam, bithawlika yaa Malja-al aamiliin."

Artinya:

"Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku di bulan ini untuk mengasihani anak-anak yatim, memberi makan, menebarkan salam dan bersahabat dengan orang-orang mulia. Dengan keutamaan-Mu, wahai Tempat Bernaung orang-orang yang berharap."

9. Bacaan doa di 10 hari pertama puasa Ramadhan, hari kesembilan.

"Allaahummajallii fiihi nashîbam mir rahmatikal waasiah, wadinii fiihi libaraahiinikas saathiah, wa khudz binaashiyatii ilaa mardhaatikal jaamiah, bimahabbatika yaa Amalal musytaaqiin."

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah kepadaku di bulan sebagian dari rahmat-Mu yang luas, tunjukanlah aku di bulan ini kepada tanda-tanda-Mu yang terang, dan tuntunlah aku kepada ridha-Mu yang maha luas. Dengan cinta-Mu wahai harapan orang-orang yang rindu."

10. Bacaan doa di 10 hari pertama puasa Ramadhan, hari kesepuluh.

"Allaahummajanii fiihi minal mutawakkiliina alayka, wajalnii fiihi minal faaiziina ladayka, wajalnii fiihi minal muqarrabiina ilayka, bi-ihsaanika yaa Ghaayatath thaalibiin."

Artinya:

"Ya Allah, jadikanlah aku di bulan ini dari golongan orang-orang yang bertawakal kepada-Mu, jadikanlah aku di bulan ini dari golongan orang-orang yang jaya di haribaan-Mu, dan jadikanlah aku di bulan ini dari golongan orang-orang yang telah dekat kepada-Mu. Dengan kebaikan-Mu wahai tujuan orang-orang yang berharap."