Brilio.net - New York dianggap sebagai kota yang banyak ditinggali oleh miliarder di dunia. Namun baru-baru ini, New York dikalahkan oleh salah satu kota di Asia.

Ya, Hong Kong sekarang menjadi kota dengan memiliki penduduk miliarder paling banyak di dunia mengungguli New York. Hal itu berdasarkan laporan dari intelijen kekayaan dan data perusahaan Wealth-X.

Seperti brilio.net lansir dari NextShark, Kamis (13/9), menurut edisi keenam World Ultra Wealth Report, populasi orang Hong Kong memiliki harta setidaknya Rp 446 miliar (individu dengan kekayaan tertinggi atau UHNWI) sekarang 10.010 yang setara dengan peningkatan 31% dari tahun lalu, berdasarkan laporan business Insider.

Perolehan kekayaan di Hong Kong dilaporkan didorong oleh hubungan yang ditingkatkan dengan China Daratan. Li Ka-Shing pemilik kerajaan bisnis Cheung Kong (CKHUY) di mana mengendalikan pelabuhan, jaringan telekomunikasi dan perusahaan energi di seluruh dunia adalah salah satu miliarder terkemuka Hong Kong.

Loading...

New York saat ini memiliki 8.865 individu dengan kekayaan tertinggi atau UHNWI, melaporkan peningkatan hanya 7%, pertumbuhan terlemah di antara 10 kota teratas. Dan posisi teratas 3-10, masing-masing adalah Tokyo, Los Angeles, paris, London, Chicago, San Francisco, Washington DC dan Osaka.

Tidak ada kota di China Daratan yang masuk sepuluh besar karena populasi China yang kaya tersebar merata di sleuruh negeri. Wealth-X juga mencatat bahwa China adalah rumah bagi 26 dari 30 kota paling kaya yang tumbuh paling cepat di dunia.

Berdasarkan laporan tersebut, pertumbuhan signifikan terjadi karena 'proses liberalisasi pasar yang bertahap dan berkelanjutan'. Hal ini juga menyebutkan pertumbuhan pasar negara dalam real estate dan ekonomi bernilai tinggi lainnya.