Brilio.net - Apa yang akan kamu lakukan ketika berusia 100-an tahun? Di mana fungsi anggota tubuhmu tak selincah kala masih muda. Namun, Alfred Date atau akrab disapa Alfie, usia 109 tahun pada 2014 lalu justru mendapat anugerah karena prestasinya.

Alfie adalah pria asal Australia yang diminta Phillip Island's Penguin Foundation membuat sweater sulam untuk didonasikan ke penguin-penguin yang terkena tumpahan minyak besar-besaran di Australia pada Maret 2014 lalu, sebagaimana dikutip brilio.net dari viralscape, Sabtu (16/4). Minyak tersebut bisa membuat bulu-bulu penguin mengelompok kaku, sehingga air yang mengenai tubuhnya tembus ke bagian dalam tubuh penguin. Hal ini bikin mereka kedinginan dan tak dapat bertahan lebih lama. Maka dari itu, pihak yayasan meminta bantuan Alfie membuatkan sweater jumper untuk para penguin tersebut.

Selain bisa menghangatkan, sweater ini juga bisa mencegah penguin menghapus lumpur atau minyak di tubuhnya sendiri, yang justru memicu mereka menelan minyak beracun tersebut. Nah, Alfie sendiri yang tinggal di sebuah panti jompo mulai belajar menyulam sejak umur 80 tahun. Dia menggunakan peralatan yang disediakan oleh perawat di panti jompo yang terletak di New South Wales, negara bagian Australia di sisi tenggara. Mau tahu hasil karya Alfie? Cek, yuk fotonya:

1. Lucu ya, swaeternya?

alfie penguin © 2016 brilio.net

Loading...

2. Sweater ini nggak permanen, alias bisa dilepas.

alfie penguin © 2016 brilio.net

3. Aksi Alfie ini ternyata menjadi pemicu pihak-pihak lain mendonasikan sweater pula, setelah sebuah koran di Australia mengabarkan tentang sosok Alfie beserta donasi 1.000 sweaternya tersebut.

alfie penguin © 2016 brilio.net