Brilio.net - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), telah meresmikan Sirkuit Mandalika Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Jumat (12/11). Sirkuit yang berlokasi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat itu digadang-gadang memiliki teknologi tinggi. Salah satunya penggunaan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA).

Peresmian tersebut juga sekaligus menyambut penyelenggaraan ajang World Superbike 2021. Jokowi menyebut sirkuit Mandalika siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan ajang kelas dunia.

Dalam momen itu, salah satu yang menjadi perhatian yakni pakaian atau outfit yang dikenakan orang nomor satu di Indonesia. Ya, Jokowi tampil nyentrik dengan jaket hitam bak anak motor. Selain meresmikan sirkuit tersebut, Jokowi juga berkesempatan untuk menjajal mulusnya sirkuit Mandalika.

Dilansir dari merdeka.com, Jokowi menjajal sirkuit dengan mengendarai motor Kawasaki W175 yang telah dimodifikasi bergaya bobber.

Motor tersebut dibeli Jokowi saat dirinya menghadiri acara otomotif pada 2018 silam. Melihat gayanya yang nyentrik, publik pun dibuat penasaran dengan merek serta harga outfit dan motor yang digunakan oleh Jokowi.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (13/11) yuk kita ulik bersama.

1. Kendarai Kawasaki W175

Outfit Jokowi di sirkuit mandalika © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@jokowi

Mengusung desain retro klasik, motor yang dikendarai oleh Jokowi memiliki fitur canggih. Dilansir dari website resmi Kawasaki, motor tersebut memiliki suspensi depan motor yang dilengkapi dengan telescopic fork 30 mm, sementara pada suspensi belakang menggunakan swing arm dual shock absorbers. Roda depan memiliki ukuran 80/100 sementara pada bagian belakang 100/90.

Selain itu, motor Kawasaki W175 ini juga dibekali mesin Air-cooled dengan 4-stroke, SOHC, berpendingin udara, serta memiliki kapasitas 177 cc. Motor ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 13 PS pada putaran @7.500 rpm dan torsi puncaknya di angka 13,2 Nm pada putaran @6.000 rpm.

Dari website resmi Kawasaki, motor tipe W175 ini dibanderol dengan harga Rp 32,8 juta. Namun, karena motor yang digunakan Jokowi sudah dimodifikasi, tentu harganya tak lagi sama dengan harga aslinya.

2. Gunakan helm RSV

Outfit Jokowi di sirkuit mandalika © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@jokowi

Pada helm, jika melihat dari merek tertera di bagian atas, Jokowi mengenakan helm merek RSV dengan tipe Half Face Rsv SV300 berwarna hitam. Dilihat pada situs e-commerce, helm tersebut ditaksir seharga Rp 650 ribu.

3. Jaket produk anak bangsa.

 

Outfit Jokowi di sirkuit mandalika © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sekretariat.kabinet

Untuk jaket, Jokowi memilih mengenakan hasil karya anak bangsa. Jaket hitam yang digunakan Jokowi saat menjajal sirkuit Mandalika diproduksi oleh rabbit and wheels yang dibanderol Rp1.465.000.

Dilansir dari liputan6.com, usai Jokowi memakai jaket tersebut, pihak produsen jaket mengaku banyak masyarakat yang ikut membelinya. Owner Rabbit and Wheels Muhammad Zul Irvan atau akrab disapa Irvan Octria mengatakan, jaket Midnight yang dijualnya seketika ludes terjual usai foto Jokowi saat mengenakannya tersebar luas di media sosial.

"Syukur Alhamdulillah, gara-gara pak Jokowi posting sold out per hari ini (Jumat, 12 Oktober 2021), habis," ujar Irvan kepada Liputan6.com, Sabtu (13/11/2021).

"Nama artikelnya jadi berubah. Sebelumnya Midnight, sekarang orang pun yang mau beli bilang, mas, pengen jaket pak Jokowi," sambungnya.

4. Sepatu merek NAH Project.

 

Outfit Jokowi di sirkuit mandalika © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@sekretariat.kabinet

Sedangkan sepatu, Jokowi memakai merek NAH Project tipe YAS FlexKnit 3.0- Carbon Black. Sebuah brand sneakers lokal asal Bandung. Di situs e-commerce, NAH Project tipe itu dijual dengan harga Rp 644 ribu. Jokowi juga mengenakan sarung tangan. Hanya saja, tidak diketahui pasti merek sarung tangan yang dikenakan.

Jadi, jika ditotal keseluruhan, outfit yang digunakan oleh Jokowi hanya kurang dari Rp 3 juta, dengan harga motor berkisar Rp 32 jutaan sebelum dilakukan modifikasi.