Brilio.net - Saat kita sedang menggunakan transportasi umum, tentu kita ingin mendapatkan perlakuan yang baik dari petugasnya. Terlebih lagi saat menggunakan pesawat, perlakuan baik dari awak pesawat tentu yang paling kita perhatikan.

Di pesawat, pramugari memang terlihat sangat ramah ketika menjalani tugasnya untuk menjamu para penumpang. Namun ada saatnya setelah tugasnya selesai mereka terlihat sangat jutek.

Menurut data yang Brilio kutip dari Express, Jumat (10/9), ternyata memang ada waktu tertentu yang harus dihindari oleh penumpang bila ingin berbicara dengan pramugari.

Salah seorang mantan pramugari penerbangan internasional, Anna McPhee mengungkapkan kapan saja waktu terburuk untuk berkomunikasi dengan pramugari. Pertama adalah awal penerbangan dimulai. Menurut Anna, awal penerbangan adalah waktu terburuk untuk berbicara dengan awak kabin karena mereka biasanya akan sibuk. Bila penumpang menanyakan hal yang kurang penting, pramugari akan bersikap cuek.

“Saat awal penerbangan, pramugari harus memastikan pintu sudah tertutup rapat dan penumpang duduk dengan benar. Keramahan pramugari saat penumpang masuk ke pesawat adalah hal yang sudah dilatih. Jadi, apabila mereka masih sibuk melayani penumpang yang masuk, tahanlah keinginan untuk berbicara karena masih ada hal lain yang harus dikerjakan mereka,” tutur Anna.

Waktu kedua terburuk untuk mengajak pramugari berbicara adalah pada akhir penerbangan. Pada waktu itu, pramugari sibuk mengamankan kabin dan bersiap untuk mendarat.

“Bila penumpang ingin berbicara kepada pramugari, pilihlah waktu di sela-sela penerbangan. Contohnya ketika penumpang pergi ke toilet. Jika ada pramugari yang berkeliaran sekitar toilet, biasanya mereka akan melayani penumpang mengobrol,” ungkap Anna.

Selain itu, apabila terlihat penumpang sudah banyak yang beristirahat dan tidak ada yang membutuhkan bantuan, pramugari dengan senang hati bisa menjadi teman bicara.