Brilio.net -  Perangkat lunak menjadi hal yang erat dikaitkan dengan teknologi terutama pada dunia komputer. Perangkat lunak atau software menjadi pendukung penting dalam sistem kerja komputer.

Perangkat lunak berfungsi untuk melakukan tugas khusus. Biasanya perangkat lunak dimanfaatkan untuk membuat dokumen, mengedit foto, membuat laporan dan lain sebagainya. Untuk memaksimalkan kinerja, software akan didukung juga oleh hardware atau perangkat keras. Keduanya bersinergi untuk menghasilkan sistem kerja yang baik.

Meskipun berdampingan, keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas. Sebagai contoh sederhana, kamu bisa membandingkan pada wujudnya. Hardware merupakan perangkat keras yang nyata, bisa terlihat oleh mata, dan bisa pula disentuh secara langsung.

Namun berbeda dengan sofware, perangkat lunak ini tidak bisa dipegang dan dilihat secara fisik. Meski begitu, software tetap bisa dijalankan dengan baik.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Dengan adanya perangkat lunak, mampu menunjang produktivitas kerja dan memiliki peranan yang sangat bermanfaat untuk optimalisasi mutu kerja. Secara umum, software bisa diartikan sebagai pengontrol atau penggerak perangkat keras atau yang biasa disebut dengan hardware. Software dalam hal ini sebagai penafsir setiap perintah software lain ke dalam bahasa mesin dan mengidentifikasi program sehingga mampu diterima oleh hardware.

Namun beberapa ahli juga memberikan pengertian lain untuk memperjelas mengenai perangkat lunak ini. Nah simak yuk pengertian perangkat lunak dari para ahli. Berikut ulasan brilio.net pada Rabu (22/4) dari berbagai sumber berikut.

Pengertian perangkat lunak © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

1. Pengertian perangkat lunak menurut Wiwit Siswoutomo.

Menurut Wiwit menyebutkan software atau perangkat lunak merupakan suatu nyawa dari komputer atau hardware. Maka sebab itulah, tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah hardware atau perangkat keras yang mati dan tidak dapat digunakan (tidak ada manfaatnya).

-2. Pengertian perangkat lunak menurut Imam Prayogo Pujiono.

Imam Prayogo Pujiono berpendapat bahwa perangkat lunak merupakan suatu program di dalam komputer yang disusun sedemikian rupa. Yang apabila dijalankan akan memberikan perintah ke komputer atau hardware atau software lain dalam rangka menyelesaikan suatu tugas, pekerjaan, dan juga tuntutan tertentu seperti yang diinginkan oleh user.

-3. Pengertian perangkat lunak menurut Sunarto.

Software adalah nyawa dari sebuah komputer sehingga singkatnya apabila komputer tidak bisa digunakan jika tidak dilengkapi dengan software

-4. Pengertian perangkat lunak menurut Fauziah.

Software merupakan suatu program komputer yang berfungsi untuk menginput data, menyimpan data, mengecek data, memanipulasi data serta mendapatkan hasil dari data tersebut yang dilakukan dengan memanfaatkan penggunaan perangkat hardware.

-5. Pengertian perangkat lunak menurut Roger S. Pressman.

Roger S. Pressman (2002), Pressman menyebutkan bahwa perangkat lunak atau software merupakan suatu perintah program yang teradapat di dalam sebuah komputer. Ketika dieksekusi oleh usernya akan memberikan sejumlah fungsi sekaligus menampilkan informasi yang diinginkan oleh usernya. Hal ini menjelaskan jika software atau perangkat lunak ini memiliki fungsi untuk memberikan perintah komputer.

Pengertian perangkat lunak © 2020 brilio.net

foto: unsplash.com

6. Pengertian perangkat lunak menurut Melwin Syafrizal Daulay.

Di dalam bukunya yang berjudul “Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer”, Melwin menjelaskan pengertian software sebagai suatu perangkat yang memiliki fungsi sebagai pengatur aktivitas kerja dalam komputer sekaligus semua intruksi yang mengarah kepada sistem komputer. Melwin juga menambahkan jika software adalah perangkat yang menjembatani interaksi anatara user dengan komputer dengan menggunakan bahasa mesin.

-7. Pengertian perangkat lunak menurut Wilman & Riyan.

Wilman & Riyan mengartikan software sebagai suatu perangkat operasi kerja yang berfugnsi untuk menjalankan berbagai komponen yang ada di hardware.

Mereka juga menyebutkan bahwa software bersifat maya, yang mana dapatdiartikan bila perangkat lunak atau software tidak bisa dilihat secara fisik dalam sebuah bentuk. Tetapi kita sebagai user dapat menjalankan fungsi dan merasakan manfaatnya.

-8. Pengertian perangkat lunak menurut Fauziah.

Software merupakan suatu program komputer yang berfungsi untuk menginput data, menyimpan data, mengecek data, memanipulasi data serta mendapatkan hasil dari data tersebut yang dilakukan dengan memanfaatkan penggunaan perangkat hardware.

-9. Pengertian perangkat lunak menurut Wikipedia.

Perangkat lunak atau peranti lunak (bahasa Inggris: software) merupakan suatu istilah khusus bagi data yang diformat, dan juga disimpan secara digital, meliputi program komputer, dokumentasinya, dan berbagai macam informasi yang dapat dibaca, serta ditulis oleh komputer.

-10. Pengertian perangkat lunak menurut KBBI.

Perangkat program, prosedur, dan dokumen yang berkaitan dengan suatu sistem (contoh sistem komputer);

(2) bagian dari alat (komputer dan sebagainya) yang berfungsi sebagai penunjang alat utama.

(brl/lea)