Brilio.net - Apalah arti sebuah angka, mungkin itulah yang ada di benakmu saat melihat nomor kamar hotel yang akan kamu inapi. Yup, nggak masalah di nomor manapun asalkan kamarnya nyaman pasti tidak akan jadi masalah bagimu.

Tapi benarkah begitu? Kenyataannya, angka bukan sekadar angka lho! Sadarkah kamu bahwa tidak pernah ada kamar 420 dan umumnya melompat langsung ke 421. Ternyata itu semua ada alasannya.

Dilansir brilio.net dari news.com.au, Kamis (2/6) ternyata angka 420 memiliki makna tersendiri. Angka 420 dianggap sebagai hari kelahirannya para pecandu ganja.

hotel 420  © 2016 brilio.net


Tanggal 20 April dijadikan hari perayaan nasional bagi para penggemar dan aktivis legalisasi ganja, mereka biasa disebut pothead. Pada 1971, lima siswa dari SMA San Rafael di Marin County, California, Amerika Serikat menjadwalkan pertemuan jam 04.20 sore.

BACA JUGA: 6 Fakta tentang nasi dan rumah makan padang ini pasti belum kamu tahu!

Pertemuan tersebut dilakukan pada tanggal 20 April oleh kelompok Waldos (kelompok pecandu). Mereka bertemu di patung kimiawan Louis Pasteur yang ada di sekolah. Agar tidak diketahui oleh orang lain tentang pertemuan ini, mereka menggunakan kode 420 dengan satu sama lain sebagai ajakan untuk menghisap ganja.

Sejak saat itu kode 420 mulai menyebar hingga penjuru Amerika Serikat dan dunia oleh para pecandu ganja. Maka sampai saat ini, penggunaan kode 420 terus dikaitkan dengan para pecandu ganja untuk mengajak pesta ganja.

Kamar-kamar hotel dengan 420 pun dianggap sebagai ruangan khusus yang disediakan untuk berpesta ganja. Oleh sebab itu kemudian banyak hotel yang tidak memakai nomor 420.