Brilio.net - Bagi umat muslim, kata ikhtiar pastinya sudah nggak asing lagi. Istilah ikhtiar diartikan sebagai usaha seseorang yang lebih keras untuk mencapai sesuatu yang diinginkan, dimiliki, hingga mengerjakan sesuatu untuk mendapatkan kesuksesan dan pencapaian yang lebih baik.

Dalam surat Ar-Ra'd ayat 11, Allah berfirman, "sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sampai mereka mengubah keadaan pada dirinya sendiri." Hal ini tentu saja ikhtiar dimulai dari diri sendiri, jadi ikhtiar adalah kunci untuk perubahan yang lebih baik lagi dengan usaha keras.

Mungkin kamu sering mendengar ketika ingin mendapatkan sesuatu harus dilandasi dengan niat, doa, dan usaha atau ikhtiar. Perkataan tersebut sangatlah benar, pasalnya jika usaha tanpa doa semua akan sia-sia, karena segala sesuatu yang ada di dunia ini milik Allah, maka kamu juga perlu perlu berusaha dan diimbangi dengan berdoa kepada Allah.

Lebih lanjut, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut penjelasan lengkap mengenai bentuk dan dalil ikhtiar dalam Alquran pada Kamis (7/4).