Brilio.net - Begitu banyak kisah tenaga kerja Indonesia (TKI) yang sukses usai balik perantauan. Bekerja bertahun-tahun di negeri orang dan tak bisa bertemu keluarga, membuat mereka harus menghasilkan uang sebanyak mungkin untuk dibawa pulang demi keluarga. Apa yang mereka lakukan selama jadi TKI rasanya sebanding dengan hasil yang didapat, sebab kebanyakan mantan TKI bisa membangun kehidupan yang sangat layak usai kembali ke Indonesia.

Hal itu ditunjukkan dari kondisi ekonomi yang mulai membaik serta aset yang mereka miliki. Kebanyakan para TKI akan menggelontorkan uangnya untuk membangun rumah dan membeli mobil. Selain itu, tak sedikit juga yang menyalurkan uangnya untuk modal usaha di kampung.

Bicara soal membangun rumah, warganet yang satu ini pun sudah mendulang keuntungan dari bekerja di luar negeri. Hasil kerja kerasnya itu diwujudkan dalam bentuk membangun rumah gedong dari yang sebelumnya yakni rumah jadul.

rumah mewah TKI © TikTok

foto: TikTok/@joxer2378

"percayalah proses tidak akan menghianati hasil," tulis pemilik akun, dikutip brilio.net dari akun TikTok @joxer2378, Kamis (12/1).

Sebelum membangun rumah gedong, pria tersebut tinggal di rumah jadul yang luas. Desain bangunannya mirip dengan rumah pendopo khas adat Jawa. Rumah ini dibangun dengan bahan serba kayu, mulai dari tiang sampai dindingnya. Bagian depan rumah juga tidak di lantai dan cuma menggunakan semen biasa.

Namun, setelah kerja di Korea selama 2013 sampai sekarang, pria ini bisa mewujudkan rumah yang lebih bagus dan besar di kampungnya. Dia membangun rumah tersebut tak jauh dari rumah lamanya, kurang lebih sekitar 2 sampai 4 meter.

rumah mewah TKI © TikTok

foto: TikTok/@joxer2378

Rumah gedong milik akun @joxer2378 ini dibuat di bagian ujung gang. Dari luar saja bisa dilihat rumah ini cukup luas untuk satu keluarga. Bangunannya juga masih baru dan bagus. Terdapat dua akses masuk ke rumah yang diletakkan di pinggir kanan dan kiri.

Jika dilihat sekilas dari fasadnya, rumah ini sepertinya mengusung konsep modern minimalis yang lagi banyak digandrungi. Di samping rumah terdapat halaman yang ditumbuhi pohon agar terlihat teduh. Tak jauh dari sana terdapat carport atau garasi dengan atap dari galvalum.

rumah mewah TKI © TikTok

foto: TikTok/@joxer2378

Hingga berita ini dimuat, video tersebut sudah disaksikan lebih dari 250 ribu kali. Video yang dibagikan @joxer2378 ini viral dan menuai atensi dari warganet. Beragam tanggapan diberikan melalui kolom komentar.

"merantau kemana aja klau ada keniatan dan ketekatan pasti semua bisa tercapai apa yg kita inginkan semangat," kata @aiiniibawelnyhaqmuh.

"pdhl rumah yg dulu vibesnya kampung bgt, pasti adem & nyaman bikin kangen. tp yg baru bagus bgt," komentar @chanyeolie_61.

"rumah yg lama nya enak juga itu kak..ademmm," timpal @maya.

"yakin... g semua org bisa bikin vt kaya gini kalo cuma foto org pasti bisa semua.. ini rumah loh," ungkap @riiiiaa_027.

@joxer2378 Ini gaes,rumahnya ga di bongkar kok#salamtkikorea #tkikorea #pejuangkeluarga #jogetaneh DJ RIP Love Faouzia - DJ Opus