Melansir dari akun TikTok @myversionofzen, Selasa (9/5), begini cara sederhana membersihkan mesin cuci 1 tabung sampai ke bagian dalam. Kamu hanya perlu menyiapkan 3 bahan sederhana yang ada di dapur, di antaranya adalah cuka putih, sabun pencuci piring, dan baking soda.

cara bersihkan kerak kuning mesin cuci © TikTok

foto: TikTok/@yversionofzen

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencabut bagian tengah pulsator untuk membersihkan bagian dalamnya. Jika perlu kamu bisa membuka seluruh pulsator menggunakan obeng untuk membersihkan sampai ke bagian bawah mesin.

Selanjutnya, campurkan cuka putih dan sabun cuci piring ke dalam mangkok. Cuka sangat dianjurkan untuk menjadi pembersih mesin cuci karena efektif membersihkan residu sabun dan kotoran di dalam tabung mesin cuci tanpa merusak bagian dalam tabung.

cara bersihkan kerak kuning mesin cuci © TikTok

foto: TikTok/@yversionofzen

Kesalahan umum dalam membersihkan mesin cuci 1 tabung yaitu ketika kamu hanya membersihkan area tabungnya saja. Padahal kamu juga perlu membersihkan tiap sudut dan sela tabung guna pembersihan yang optimal. Memanfaatkan sikat gigi bekas untuk membersihkan area tepian mesin cuci bisa memudahkan pekerjaan.

Sikatlah bagian kerak di tuas mulut mesin maupun sela-sela mesin yang terdapat kerak. Area tutup dan bagian luar juga jangan lupa disikat menggunakan campuran cuka dan sabun.

Setelah bagian luar disikat, berikutnya cuci semua bagian dalam tabung melewati bagian tengah pulsator. Gunakan spons untuk mempercepat kamu dalam membersihkan mesin cuci tersebut.

cara bersihkan kerak kuning mesin cuci © TikTok

foto: TikTok/@yversionofzen

Untuk kerak yang membandel bisa diatasi dengan mengompres menggunakan kapas yang sudah direndam air cuka. Diamkan selama 15 menit lalu dibilas dan diseka menggunakan lap kering untuk menghilangkan sisa kotoran yang menempel.

Terakhir, nyalakan mesin menggunakan mode pencucian tabung. Isi setengah tabung menggunakan air panas. Masukkan 200 ml cuka putih, 5 sendok makan baking soda, kemudian isi penuh tabung menggunakan air keran.

Memanfaatkan soda kue dapat membuat tampilan mesin cuci jadi terkesan baru. Setelah air penuh, diamkan selama 1 jam, barulah setelah itu diputar.

cara bersihkan kerak kuning mesin cuci © TikTok

foto: TikTok/@yversionofzen

Setelah membuang larutan cuka dan menunggu sampai bagian dalam tabung kering, kamu bisa mengelapnya menggunakan kain mikrofiber. Seka kontrol dan bagian lainnya menggunakan kain mikrofiber basah untuk mengambil kotoran yang tersisa. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan bahan kimia keras atau bahan abrasif apa pun untuk mempertahankan lapisannya.

Nah, beginilah tampilan mesin cuci yang telah dibersihkan. Kotoran membandel dan kerak kuning yang menempel pada mesin cuci telah hilang.

cara bersihkan kerak kuning mesin cuci © TikTok

foto: TikTok/@yversionofzen

Video yang diunggah oleh akun @myversionofzen ini menuai perhatian warganet hingga ditonton lebih dari 575 ribu kali. Beragam tanggapan juga memenuhi kolom komentar. Mereka berterima kasih kepada si pemilik akun karena berkat video ini bisa tau cara membersihkan mesin cuci dengan mudah.

"Mesin cuci siap dipakai lagi. Kerak membandel hilang, jamur juga pergi, dan yang pasti mesin cuci jadi seperti baru lagi," ujar @uswatun_khan

"otw bersihin mesin cuci emak gue. terimakasih vtnya kak," tulis @indah_wid

"Terimakasih ilmunya kak," kata @fanniaevelyn22

"blom pernah coba nih.. tp kayaknya boleh juga kalo dicoba.. mudah2 bisa mesin cuci jadi bersih lagi," sahut @indah_wid

@myversionofzen senggol bestiemu yg mesin cucinya perlu dibersihin ah #fyp #cleaninghacks #cleaningtips #lifehacks #laundryhacks #tipsrumahtangga original sound - Zen House