Brilio.net - Pada Kamis (3/10) pagi, masyarakat Kabupaten Magetan, Jawa Timur disuguhi sebuah pemandangan cantik dari Gunung Lawu. Pasalnya dari kejauhan, tampak jelas di puncak gunung tersebut terdapat lingkaran menyerupai topi.

Dilansir dari merdeka.com, menurut Kasie Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Ferry Yoga Saputra, warga setempat menyaksikan fenomena keindahan alam tersebut sejak pukul 05.00 WIB.

"Memang kejadiannya tadi pagi. Sekitar pukul 05.00 wib sampai siang sekitar pukul 10.00 WIB," Kata Ferry seperti dikutip dari merdeka.com, Kamis (3/10).

Loading...

Ferry mengatakan fenomena alam itu sebenarnya merupakan hal yang biasa. Hal itu bisa terjadi karena penumpukan awan dan angin yang bertemu dari arah selatan dan utara.

"Jadi awan menumpuk dan kebetulan di Gunung Lawu," jelas Ferry.

Menurutnya, fenomena tidak hanya terjadi di musim kemarau. Tapi juga bisa terjadi di musim penghujan. Dia mengaku kondisi seperti ini dipengaruhi oleh arah angin.

"Tidak satu musim saja. Mau kemarau, mau penghujan bisa saja. Kondisi seperti ini dipengaruhi arah angin," tegasnya.

Dia menceritakan arah angin itu kemudian membuat awan berkumpul di salah satu titik, kemudian membentuk fenomena alam itu. Dari arah angin, membentuk pola seperti topi atau payung. Dan ini merupakan fenomena yang biasa.

Dia menjelaskan, awan membentuk topi itu kurang lebih terjadi sekitar 2 kali pada tahun 2019. Pertama, kemarin posisi waktu penghujan, musim peralihan.

"Ini tadi terjadi kembali. Nah nanti bisa lagi terjadi kembali," pungkasnya.