Brilio.net - Saat bulan Ramadan tiba, tradisi buka bersama atau bukber menjadi salah satu kegiatan yang sering terjadi di berbagai tempat. Bukber ini biasanya diinisiasi oleh berbagai kelompok, baik itu geng pertemanan, komunitas, rekan kerja atau apapun. Tentu tujuannya adalah untuk mempererat hubungan antar individu dan membangkitkan semangat kebersamaan.

Bukber biasanya dilakukan di restoran, masjid atau rumah salah seorang teman. Namun tidak dengan bukber yang satu ini. Tempatnya sungguh di luar dugaan. Bagaimana tidak, mereka mengadakan bukber di gereja yang merupakan tempat ibadah umat kristiani. Sementara puasa adalah kewajiban bagi orang Islam.

kegiatan bukber di tempat yang tak biasa ini diadakan oleh sebuah komunitas yang ada di Bandung. yaitu, Jaringan Antar Umat Beragama (Jakatarub) yang berkolaborasi dengan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Kebon Jati. Banyak umat antar agama yang datang menghadiri acara ini.

Sebuah postingan yang memperlihatkan indahnya kerukunan ini diunggah oleh akun @tunggaaa_. Buka bersamanya juga dibuat gratis dan terbuka untuk orang dengan semua jenis kepercayaan. Bahkan sebelum azan magrib berkumandang, pembacaan doanya dibawakan oleh semua jenis agama. Acara ini diadakan pada tanggal 27 Maret 2024 di Bandung.

Penasaran dengan penampakannya? berikut merupakan potret gereja ketika disulap menjadi tempat berbuka puasa bersama. Lihat saja foto di bawah ini yang membuat orang lupa kalau ini adalah gereja. Semuanya dihimpun oleh brilio.net dari postingan TikTok milik @tunggaaa_ pada Jumat (29/3).