Brilio.net - Klakson sering digunakan pengendara yang lain tahu bahwa ada pengendara lain di belakangnya. Tapi, memang ada sebagian bengkel yang memvariasi klakson agar bunyinya lebih menarik perhatian. Seperti klakson yang pernah viral yaitu klakson telolet. Selain klakson telolet, baru-baru ini viral video klakson yang bunyinya mirip dengan lagu kebangsaan "17 Agustus 1945".

Mungkin beginilah cara orang-orang memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Jika sekolah dan kantor-kantor mengadakan apel pagi dan berbagai lomba dalam memeriahkannya, maka sang sopir ini pun ikut andil dalam memeriahkan. 

Hanya saja dalam metode yang berbeda. Ia mengubah bunyi klakson truknya dengan lagu "17 Agustus 1945" karangan Husein Mutahar hingga viral di media sosial.

Truk ganti klakson pakai lagu 17 Agustus TikTok

foto: TikTok/@sahabtpartyfams

Video viral yang diunggah oleh akun TikTok @sahabtpartyfams pada (23/7) lalu tersebut memperlihatkan sebuah truk kuning di Sulawesi Selatan yang berjalan di tanjakan jalan poros ke Camba dan Bone yang lumayan cukup macat, karena medan yang dilalui sempit. 

Kemudian pengendara lain berteriak supaya sopir membunyikan klaksonnya, sang sopir pun membunyikan klakson sekali. Dirasa kurang, pengendara lain berteriak lagi dan saat itulah klakson yang dibunyikan, lagu "17 Agustus 1945".

"Bunyi lagi om," teriak suara seorang pengendara meminta kepada sopir truk untuk membunyikan klakson, seperti yang telah brilio.net lansir dari akun TikTok @sahabtpartyfams pada Senin (15/8).

Truk ganti klakson pakai lagu 17 Agustus TikTok

foto: TikTok/@sahabtpartyfams

"Oke sih," tulis pengunggah sebagai keterangan video unggahannya.

Meski belum diketahui sosok pengemudi truk itu, namun warganet tetap memuji semangat nasionalisme sopir itu melalui kolom komentar. Karenanya, video unggahan tersebut menjadi viral, dan hingga kini telah ditonton sebanyak 1,9 juta kali dan dibanjiri lebih dari 1.200 komentar beragam dari warganet.

Truk ganti klakson pakai lagu 17 Agustus TikTok

foto: TikTok/@sahabtpartyfams

"jiwa nasionalis nya tinggi," tulis pemilik akun @abyankoe.

"Luar biasa jiwa nasionalismenya," puji dari akun @rmy1693.

"dari segala trasportasi nasionalisme paling tinggi emg di truck, kereen," celetuk pemilik akun @andrealfa.n.

Selain komentar-komentar pujian untuk sang sopir, ada juga komentar warganet yang mengartikan maksud dari klakson tersebut.

"17 Agustus tahun 45 itulah hari kemerdekaan kita hari merdeka nusa dan bangsa hari lahir nya bangsa indonesia merdeka sekali ttp merdeka," komentar akun @farhansamalas.

"17 Agustus Tahun 45. itulah hari kemerdekaan kita. MERDEKAAAA," tulis akun @ard_wahyu.

@sahabtpartyfams Okesihh #kappang #camba #maros #makassar #tompoladang suara asli - sahabtparty07