Brilio.net - Gua selama ini lekat dengan kondisi gelap dan lembap. Namun jangan salah, di dalamnya justru ada banyak hal menarik yang mungkin jarang kamu ketahui. Sama halnya seperti kondisi gua di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Kondisi gua itu ramai jadi perbincangan di media sosial karena terlihat memiliki banyak 'emas'. Bercak-bercak mengkilap bak taburan emas terlihat di sekitar gua. Tampilan gua ini juga terlihat dalam video @jejezhuangofficial yang diunggah di akun Instagram @ayodolan pada beberapa waktu yang lalu.

"Di dalam goa ini terdapat banyak emas, tetapi tidak untuk diambil ya guys, konon katanya tempat ini masih sangat sakral," tulis akun tersebut di unggahannya.

Gua 'emas' di Deli Serdang © Instagram

foto: Instagram/@ayodolan

Dilansir brilio.net dari Merdeka.com pada Senin (6/9), diketahui bahwa penampakan 'emas' itu berada di Goa Tao 8 Putri yang berada di kawasan wisata air panas Danau Linting, Deli Serdang, Sumatera Utara. Sang perekam video menunjukkan letak lain dari kilauan 'emas' itu. Goa tersebut tampak masih begitu alami dengan beberapa ranting dan akar di sekitarnya.

Camat Sinembah Tanjung Muda Hulu, Budiman, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa lokasi itu berada di wilayahnya dan sempat viral media sosial. Akan tetapi, ia membantah jika gua tersebut berisikan dinding atau bongkahan emas.

Menurut Budiman, jika di lokasi tersebut terdapat kandungan emas, masyarakat setempat sudah sejak lama mengetahui hal tersebut. Tapi sampai sekarang warga di sana malah tidak heboh. Selain itu, jika benar berisikan emas, pemerintah setempat sudah lebih dahulu melakukan tindakan atau penelitian lanjutan. Nyatanya, sampai hari ini tidak ada, melansir dari GNFI.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan)


Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Ahli Geologi Indonesia di Sumut (IAGI), Gustam Lubis mengatakan jika kandungan mengkilap di lokasi merupakan bagian dari mineral pirit dan bukan emas.

Gustam mengungkapkan, secara samar mineral tersebut berwarna kekuningan cerah menyala (terlebih saat terkena sinar). Dirinya menegaskan jika mineral pirit merupakan mineral biasa dengan rumus kimia FeS2. Dapat dipastikan bahwa pirit bukan bagian dari emas. Dijelaskan pula, mineral pirit terbentuk atas reaksi kimia yang terjadi atas dua kandungan utama di gua tersebut yakni belerang dan unsur besi yang tersimpan di dinding.