×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Dimakamkan 31 tahun lalu, jasad kiai ini masih utuh

View Image

0

BRILIO » Wow

Dimakamkan 31 tahun lalu, jasad kiai ini masih utuh

Makam kiai itu dibongkar untuk memindahkan jasad dari pemakaman umum ke makam keluarga.

19 / 03 / 2019 12:43

Brilio.net - Normalnya sebuah jasad perlahan akan hancur seiring waktu. Sirkulasi darah yang berhenti, tidak adanya oksigen yang masuk dan tubuh yang tidak bisa mengeluarkan kotorannya sendiri membuat tubuh akan membusuk dari dalam. Setelah itu belatung akan keluar dan mulai menggerogoti.

Tapi apa yang terjadi di Blitar ini bikin heboh banyak orang. Jasad tokoh Nahdlatul Ulama (NU) di Gandusari, Blitar yang telah dimakamkan 31 tahun lalu dikabarkan tubuhnya masih utuh. Hal ini diketahui setelah dilakukan pembongkaran makam tokoh agama bernama Kiai Anwar Sudibyo.

Kabar tersebut viral setelah akun Facebook Santri Ndalem menuliskan kisah tentang pembongkaran makam ini. Pemilik akun tersebut mengabarkan kalau kondisi jasad kiai tersebut masih utuh sebanyak 90%.

jasad kiai utuh dikuburkan 31 tahun © Facebook/santrindalem.id

foto: Facebook/santrindalem.id

Loading...

Pembongkaran makam Kiai Anwar Sudibyo dilakukan pada Kamis (14/3). Makam kiai itu dibongkar untuk memindahkan jasad dari pemakaman umum ke makam keluarga. Akhirnya jasad yang diperkirakan sudah dimakamkan sejak 31 tahun lalu ini dipindahkan ke makam yang berlokasi di Masjid Tambakan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Dilansir brilio.net dari akun Santri Ndalem, Selasa (19/3), pria yang dulunya dikenal dengan sebutan Mbah Kiai Anwar Sudibyo ini merupakan sesepuh NU di Tambakan. Beliau wafat dan dikebumikan pada tahun 1988 silam. Dibongkar usai 31 tahun dimakamkan, jasad Kiai Anwar Sudibyo dikabarkan masih utuh. Mulai dari jari kaki sampai kepala sedikitpun tidak ada yang lepas.

jasad kiai utuh dikuburkan 31 tahun © Facebook/santrindalem.id

foto: Facebook/santrindalem.id

"MAYAT 31 TAHUN UTUH

Pemindahan makam Mbah Kyai. ANWAR S. Sesepuh..TOKOH ULAMA NU.. tambakan gandusari...dari pemakaman umum dipindah kemakam keluarga lokasi Masjid Tambakan, Kec. Gandusari Kab. Blitar. Subhanalloh... Meskipun wafat 1988, dibongkar hari kamis tgl 14-3-2019, kondisi jasad 90% masih utuh. Genap terhitung 31 tahun dikebumikan," tulis akun Santri Ndalem.

"Kuasa ilahi didepan mata warga, nyata... MULAI JARI KAKI SAMPAI KEPALA... MASIH WUJUD GANDENG SEDIKITPUN TDK LEPAS..

Kain kafan utuh, sedikitpun tidak sobek... Beliau dulu istiqomah sebagai Kiyai di ormas NU ini alumnus ponpes APIS GONDANG, Kec. GANDUSARI, Kab. BLITAR. Mari istiqomahkan tahlilan, kirim pahala sedekah, hidiyah fatihah, agar kita senantiasa terbiasa bantu membantu menabung pahala amal ibadah... Semoga jenazah beliau, dan juga kita semua ditaqdirkan husnul khotimah.

Aamiin," ujarnya.

Akun Santri Ndalem juga mengunggah beberapa foto saat penggalian makam tersebut. Kemudian dalam waktu singkat, foto dan kisah Kiai Anwar Sudibyo ini viral di Facebook dan diunggah ulang oleh banyak akun. Postingan Santri Ndalem sendiri hingga kini sudah dibagikan sebanyak 358 kali dan mendapat lebih dari 500 komentar.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more