Brilio.net - Banyak alasan mengapa Negeri Jiran jadi 'pemanasan' yang pas untuk berpetualang sebelum menjelajah ke berbagai negara. Selain bahasanya yang mirip dengan Tanah Air,  adanya fasilitas bebas visa juga jadi pertimbangan. Jika biasanya orang memilih destinasi wisata di Kuala Lumpur, Malaysia rupanya ada kota Kuching yang sayang untuk dilewatkan.

Menariknya ibukota dari Sarawak ini punya asal penamaan yang unik, lho. Konon dahulu Kota Kuching dihuni oleh banyak kucing, seperti di taman, di trotoar hingga di sepanjang sungai Sarawak.

Sesuai namanya kota ini memiliki ikon kucing di tengah kota. Kuching juga dikenal sebagai kota yang sangat bersih, tenang, dan tidak terlalu ramai. Nggak heran kalau banyak wisatawan memilih berlibur dan healing di Kota Kuching ini.

Cukup melakukan penerbangan 1.5 jam dari Jakarta ke Kuching, healing di tempat ini kamu nggak bakal kehabisan ide untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata. Kuching memiliki kekayaan alam yang menjadi daya tarik utamanya. Bahkan kamu bisa memilih spot-spot sesuai kondisi dan suasana hatimu.

Mulai 15 Juni 2023, AirAsia Indonesia adalah satu-satunya maskapai yang mempunyai rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Kuching lho! AirAsia melayani jadwal penerbangan dengan frekuensi tiga kali seminggu, yakni Selasa, Kamis dan Sabtu. Kamu juga mendapatkan tiket promo penerbangan Jakarta-Kuching dengan menggunakan AirAsia tiket mulai dari Rp559.000 sekali jalan.

Yuk rencanain perjalanan kamu sekarang juga dan klik AirAsia. Pesan tiketmu sekarang di sini mumpung masih ada promo, yak! 

Jika ingin menenangkan diri dan pikiran kamu bisa sekadar berjalan-jalan di Kuching Esplanade yang menjadi tempat ikonik di kota Kuching. Nah, waktu terbaik untuk menikmati tempat ini adalah ketika matahari terbenam. Sembari duduk bersantai, kamu bisa melihat langit keemasan yang dipantulkan oleh permukaan sungai.

shutterstock.com shutterstock.com

foto: Shutterstock.com

Area ini juga penuh dengan aneka pernak pernik khas Malaysia. Berasa banget berada di tanah Melayu ketika jalan santai di sini. Ssst, kamu juga bisa menikmati perjalanan perahu ’Penambang’ menyusuri sungai Sarawak, loh.

shutterstock.com shutterstock.com

foto: sarawaktourism.com

Jika malam tiba, berburu kuliner di Siniawan Night Market bisa jadi tujuan berikutnya. Siniawan Night Market menyajikan berbagai kuliner yang tentunya lezat. Yang menjadi menarik, tempat ini sangat kental dengan suasana oriental. Mulai dari bangunan tua terbuat dari kayu dan dipenuhi dengan hiasan lampion.

Mampir kesini jangan lupa cobain Lemang Periuk Kera. Hidangan khas melayu ini adalah beras ketan dengan santan kemudian dibungkus menggunakan bunga dari tanaman eksotis kantong semar. Ada pula gorengan Ngo Hiang yang disajikan dengan kuah lezat penggoda lidah. Dijamin mata dan perut puas deh habis jalan-jalan di sini.

Nah buat kamu yang hobi hiking dan trekking, bisa juga trip ke Bako National Park. Cagar alam ini menawarkan pilihan 16 jalur dengan tingkat kesulitan dan lama perjalanan yang beragam. Di sepanjang perjalanan kamu bakalan dimanjakan dengan panorama yang cantik.

shutterstock.com shutterstock.com

foto: museum.sarawak.gov.my

Nggak hanya itu saja, bagi kamu yang minat dengan pameran dan aktivitas edukasi bisa mampir ke Borneo Cultural Museum. Museum yang berdiri megah berwarna emas ini menyajikan atraksi yang memadukan budaya dan teknologi modern. Di tempat ini kamu juga bisa menikmati pemandangan Kota Kuching dari lantai atas.

Nah, selain Borneo Culture Museum masih banyak spot-spot menarik yang bisa kamu kunjungi, seperti Sarawak Cultural Village, Fort Margherita, dan Carpenter Street. Setiap destinasi yang ada bak seperti membuka peti harta karun, loh!

Jadi makin tertarik untuk jalan-jalan ke Kota Kuching?