Brilio.net - Jika pernah menonton film detektif Sherlock Holmes, kamu pasti tipe orang yang menyukai teka-teki dan memecahkan permasalahan. Film yang diangkat dari novel karya Arthur Conan Doyle itu mengisahkan kehidupan seorang detektif yang mengungkap kasus kriminal, biasanya pembunuhan.

Nah, kalau kamu sering menonton film-film Sherlock Holmes,tentu bisa memecahkan kasus yang diilustrasikan dalam gambar berikut ini. Tugas kamu adalah menebak kasus tersbeut apakah pembunuhan atau bunuh diri.

Ilustrasinya dalam sebuah gambar yang beredar di internet, ada sesosok mayat yang tergeletak di sebuah ruangan. Mayat tersebut bersimbah darah di kepalanya. Sedangkan tangan kanannya memegang pistol. Untuk lebih jelasnya, simak gambar tempat kejadian perkara (TKP) ini:

Bagaimana? Kamu sudah menemukan jawabannya?

Jika foto tersebut mungkin membuatmu bingung, untuk lebih jelasnya lihat foto mayatnya dengan jeli:

Nah, apa jawabanmu sekarang? KLIK NEXT untuk mengetahui kunci jawabannya.

2 dari 2 halaman

Banyak yang mengira kejadian di gambar itu adalah kasus bunuh diri jika melihat pistol yang dibawa orang tersebut. Tapi jika melihat fakta di TKP, kasus ini jelas pembunuhan. Berikut alasannya dikutip brilio.net dari Yaplakal, Sabtu (16/7):

1. Orang ini bertangan kidal. Sebab lampu belajar diletakkan di sebelah kanan yang mana lazim dilakukan oleh orang kidal. Dia juga memegang rokok di tangan kirinya. Jadi tidak mungkin ia menembak kepalanya sendiri dengan tangan yang lemah.

2. Berdasarkan ilmu psikologi manusia, orang cenderung menyelesaikan semua pekerjaannya dahulu sebelum bunuh diri. Jika ia memang bunuh diri, rasanya tidak mungkin dalam keadaan melakukan sesuatu hal lain, seperti menulis atau merokok.

3. Arah ujung pistol yang ia pegang berlawanan dengan arah percikan darah. Jadi, mustahil ia menembak kepalanya dengan pistol yang dipegangnya.

4. Saat kamu bunuh diri dengan pistol, tubuhmu akan segera lemas dan tak berdaya. Itu artinya, tanganmu takkan lagi mampu memegang pistol.

5. Lampu dalam keadaan mati. Padahal kondisinya saat malam hari yang terlihat dari jendela. Apakah mungkin dia menulis pesan terakhir dalam kondisi kamar gelap?

Kamu setuju dengan alasan di atas? Eits! Tunggu dulu. Kalau pun kasus tersebut bunuh diri, tentu ada penjelasannya. Berikut alasannya:

1. Orang ini mungkin bukan bertangan kidal. Lihat posisi kertas dan bolpoin di atas meja. Kalau melihat posisinya, orang ini jelas menggunakan tangan kanan untuk menulis.

2. Ada jejak darah yang berbeda dalam gambar. Jika kepalamu berada di posisi tersebut, darah akan mengalir deras dan berkumpul di daerah leher, seperti pada gambar. Yang berarti luka lubang tembakan seharusnya berada di pelipis kanan alias bunuh diri.

3. Asbak dan kaleng soda berada di sisi kiri. Ia menggunakan tangan non-dominannya untuk melakukan pekerjaan sampingan seperti minum atau merokok.

Itulah penjelasannya. Kalau kamu setuju yang mana?