Brilio.net - Pakaian yang terlalu sering dicuci biasanya akan mengalami perubahan warna. Hal ini terjadi karena serat pakaian terlalu sering terpapar zat kimia. Akibatnya, pakaian kesayangan terlihat buluk dan kurang menarik.

Mengetahui hal tersebut, banyak orang mencari cara untuk mengembalikan warna pakaian yang telah memudar. Biasanya ada yang memilih cara dengan merendamnya menggunakan baking soda.

Sayangnya, baking soda tak selamanya efektif. Bahan dapur satu ini memiliki beberapa kelemahan seperti bisa merusak serat pakaian yang terbuat dari bahan organik seperti wol, sutra, atau kasmir. Sifatnya yang asam mampu mengikis serat-serat halus pada pakaian. Selain itu, baking soda juga bisa meninggalkan warna putih pada pakaian berwarna gelap.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh akun TikTok @myversionofzen. Di salah satu unggahan videonya, perempuan ini hanya menggunakan satu bahan murah meriah untuk mengembalikan warna pakaian yang buluk jadi seperti baru.

Tak pakai baking soda, ia justru memilih menggunakan wantex, salah satu jenis pewarna kain yang bisa digunakan untuk memperbaiki warna pakaian yang sudah luntur atau kusam. Kamu hanya perlu mengeluarkan modal sebesar Rp 3.000 untuk membeli wantex.

Nah, di awal video, ia menunjukkan kondisi celana yang tampilannya begitu kusam dan dekil. Ia pun bercerita jika penyebab celananya sudah terlihat buluk ini karena warnanya sudah pudar dan serat kain rusak.

bikin pakaian buluk jadi kelihatan baru © TikTok

foto: TikTok/@myversionofzen