Brilio.net - Kalau kamu nonton serial Upin & Ipin pernah nggak sih penasaran dengan beberapa karakter yang jarang terlihat? Biasanya, ada beberapa karakter yang hanya terlihat di dalam kelas dan hampir nggak pernah berinteraksi sama Upin, Ipin, dan teman-teman yang lain. Nah, kalau kamu perhatikan di beberapa episode Upin & Ipin yang menampilkan di sekolah atau kelas, mungkin pernah melihat karakter Fathiah. Karakter dengan bando merah dan berambut pendek ini memang jarang disorot.

Sebenarnya banyak yang nggak tahu dengan nama karakter tersebut karena memang tidak pernah disebutkan dalam serial. Namun dilansir dari Les' Copaque Production, ternyata karakter Fathiah punya pengisi suara khusus, ia adalah Nur Fathiah Diaz. Tak pernah disebutkan namanya dalam serial, beberapa penonton pun memberi nama bocah perempuan tersebut sesuai nama pengisi suaranya.

hilangnya Fathiah © Instagram

foto: YouTube/HAZ CLIP

Awalnya Fathiah tidak pernah mendapat sorotan karena sosoknya yang jarang ditampilkan, namun dirinya menjadi salah satu sosok yang dicari keberadaannya setelah Rajoo dan beberapa karakter lain menghilang dari serial itu. Ada banyak spekulasi dan dugaan mengapa Fathiah menghilang atau dihilangkan dalam serial Upin & Ipin.

Ada yang menduga jika menghilangnya karakter Fathiah karena digantikan oleh Susanti. Dugaan ini muncul karena saat pertama kali Susanti ditampilkan pada serial kartun asal Malaysia ini, sosok Fathiah sudah tidak ada. Ada juga yang menduga Fathiah pindah sekolah, karena dikutip dari Upin & Ipin Wiki diketahui jika Fathiah adalah mantan siswa Tadika Mesra usai dirinya sudah tak terlihat di serial.

hilangnya Fathiah © Instagram

foto: Wikipedia

Namun ternyata ada kisah di balik menghilang Fathiah. Bukan karena digantikan oleh Susanti atau pindah sekolah, hilangnya Fathiah dari serial ini dikarenakan pengisi suara atau Nur Fathiah Diaz memutuskan untuk resign dari Les' Copaque Production. Nur Fathiah Diaz yang sebelumnya menggantikan Asyiela Putri sebagai pengisi suara Fathiah memutuskan keluar tepatnya pada Desember 2009.

Tak disebutkan apa alasan dirinya keluar, namun kini ia diketahui menjadi pengisi suara dari salah satu karakter di serial BoBoBoiy yang diproduksi Animonsta Studio. Usai dirinya hengkang dari Les' Copaque Production, barulah karakter Susanti dimunculkan.