Brilio.net - Di tengah pandemi virus corona seperti sekarang ini, membuat kita menjadi sadar untuk berbuat baik terhadap sesama. Tak heran banyak masyarakat yang rela mengeluarkan biaya besar untuk membantu para sesama.

Seperti halnya di Vietnam, ada sebuah inovasi unik. Sebuah automated teller machine (ATM) yang biasanya untuk menarik uang kini disulap menjadi ATM berisi beras. Munculnya inovasi menarik ATM beras ini dikhususkan untuk orang tak mampu. Mereka bisa mendapatkan beras secara gratis di tengah pandemi corona saat ini.

Dilansir Brilio.net dari The Smart Local Vietnam, Senin (13/4), ATM beras itu dibuat oleh sebuah perusahaan bernama PHGLock yang berada di Ho Chi Minh City. Mesin ATM ini bisa diakses siapa saja secara mandiri namun tetap berada dalam pengawasan pihak PHGLock.

ATM beras © 2020 brilio.net

Tidak ada syarat apa pun untuk mendapatkan beras gratis tersebut. Seseorang hanya perlu menekan tombol aktif, lalu beras sebanyak 1,5 kilogram akan keluar dari corong pipa, kemudian ditampung dengan menggunakan kantong plastik.

Loading...

ATM beras © 2020 brilio.net

"Karena mesin beroperasi 24/7, orang-orang tidak perlu datang di waktu tertentu. Ini berarti kami bisa menghindari kerumunan orang," kata penggagas ATM beras, Hoang Tuan Anh.

Dalam mengantre di ATM beras, orang-orang diminta untuk tetap menjaga jarak setidaknya 2 meter. Selain itu, ada juga hand sanitizer yang disediakan oleh pihak PHGLock.

ATM beras © 2020 brilio.net

Sejauh ini, sudah ada 300 kilogram beras gratis yang telah didistribusikan dan telah dimanfaatkan lebih dari 200 orang.

Rencananya, Tuan Anh akan menyiapkan 100 ATM beras di seluruh Ho Chi Minh City dan bekerja sama dengan para dermawan untuk menyumbang beras atau dana.