Brilio.net -Siapa sih yang nggak kenal Pinokio, si boneka kayu yang punya hidung panjang. Tokoh cerita boneka yang hidungnya bertambah panjang kalau berbohong ini memang sudah melegenda.

Nah di Korea selatan ada lho museum yang khusus didedikasikan untuk si Pinokio ini. Tujuan didirikan museum ini agar semua orang bisa bernostalgia dengan boneka kayu itu. Meski Pinokio lekat dengan kehidupan anak-anak, namun museum ini juga cocok dikunjungi para keluarga atau anak muda lho.

museum pinokio © 2016 brilio.net

Dilansir brilio.net dari LonelyPlanet, Minggu (18/12), Pino Familia adalah rumah koleksi boneka Pinokio dan benda lainnya. Terletak di Seoul, tiga bangunan terdapat di museum tersebut dirancang arsitek Korea Selatan, Moon Hoon.

Masing-masing bangunan memiliki eksterior logam, yang salah satunya berbentuk kepala Pinokio. Bangunan tersebut memiliki tonjolan hidung Pinokio yang dapat menyemburkan air, di dalamnya terdapat kantin, toko hadiah, dan auditorium.

museum pinokio © 2016 brilio.net

“Sementara itu bangunan galeri boneka utama terinspirasi gelombang dengan bentuk kurva abstrak. Sementara bangunan berbentuk ikan paus terinspirasi dari paus yang menelan Pinokio dan penciptanya. Dibuat untuk meniru pengalaman di dalam perut paus,” jelas Moon Hoon, yang berpengalaman membuat bangunan menarik seperti rumah liburan di Pulau Jeju.

Bangunan yang memiliki halaman luas di sekelilingnya juga memiliki boneka Pinokio raksasa. Pengunjung yang datang ke sini akan bisa merasakan pengalaman menarik dari koleksi Pinokio sampai arsitektur yang fantastis untuk dinikmati.

(brl/swh)

(brl/swh)