Brilio.net - Kamu pernah dengar atau nonton cerita tentang Pinokio? Pinokio adalah boneka kayu buatan kakek Geppetto yang dalam ceritanya ternyata bisa hidup seperti manusia. Tapi karena suka berbohong, hidungnya akan selalu memanjang setiap kali dia berkata bohong.

Tapi kamu tahu nggak berapa kali sih, sebenarnya Pinokio berbohong? Menurut penelitian yang dilakukan oleh Centre of Interdisciplinary Science dari Univeristy of Leichester, seperti dikutip brilio.net dari laman Telegraph, Jumat (24/4), Pinokio hanya berbohong sebanyak 13 kali. Kalau lebih dari itu, hidungnya yang terus meanjang itu malah bisa-bisa mematahkan tulang lehernya. Kok bisa sih?

Menurut Steffan Llewellyn, pemimpin penelitian ini, Pinokio memiliki kepala yang beratnya 4,18 kilogram dengan hidung seberat enam gram. Panjang awal hidung Pinokio adalah 1 inci atau 2,54 centimeter.

Nah, dari perhitungan itu, ditarik kesimpulan bahwa ketika hidung Pinokio tumbuh sampai 140 meter, maka gaya yang diberikan ke bawah justru akan menyebabkan lehernya patah. Ukuran 140 meter itu setara dengan 13 kali kebohongan Pinokio.

Penelitian mengenai hidung Pinokio ini dipublikasikan dalam Journal of Topics Interdisciplinari Science yang merupakan karya tugas mahasiswa mengenai penerapan-penerapan prinsip ilmiah dalam sebuah dongeng populer. Selain misteri hidung Pinokio ini, juga termuat beberapa cerita dongeng yang diteliti kebenarannya secara ilmiah.