Brilio.net - Ada banyak sekali gambar yang menampilkan ilusi optik beredar di dunia maya. Setelah beberapa waktu yang lalu netizen dihebohkan dengan sebuah gaun yang kadang berwarna biru kadang berwarna emas, kali ini kamu akan ditantang untuk melihat 12 titik hitam sekaligus dalam satu gambar.

Gambar ini sebenarnya bukanlah sebuah gambar bergerak atau GIF, namun jika kamu memperhatikannya, titik-titik hitam tampak bergerak dan mempermainkan mata dan otakmu.

kamu dijamin tak bisa melihat 12 titik © 2016 brilio.net

Bagaimana? Bisakah kamu melihat semua titik hitam secara bersamaan? Beberapa netizen yang mencoba banyak yang mengaku hanya sanggup melihat empat sampai lima titik. Namun ada beberapa netizen yang mengaku dapat melihat kedua belas titik secara bersamaan.

Gambar di atas merupakan Scintillating Grid Illusion. Ilusi optik ini ditemukan oleh Ludimar Hermann pada tahun 1870, dan dianggap sebagai variasi dari Hermann Grid Illusion.

Loading...

kamu dijamin tak bisa melihat 12 titik © 2016 brilio.net

contoh Hermann Grid Illusion

Bila Hermann Grid Illusion terlihat gumpalan abu-abu, maka pada Scintillating Grid Illusion terlihat bulatan putih yang berada pada titik silang garis abu-abu berubah menjadi hitam. Sama seperti Hermann Grid Illusion, efek ini akan hilang bila kita fokus melihat titiknya.