Dilansir brilio.net pada Sabtu (21/10), dalam video yang diunggah di akun TikTok-nya, pemilik akun terlihat menyiapkan dua bahan dapur untuk membersihkan handuk mandi yang berjamur. Bahan dapur tersebut pastinya mudah ditemukan, yaitu micin dan cuka.

Micin adalah bahan penyedap masakan yang mengandung monosodium glutamat (MSG) dan garam. Micin dapat membantu menghilangkan noda dan kotoran pada handuk karena sifatnya yang abrasif. Sementara cuka adalah bahan alami yang memiliki sifat asam dan antibakteri, sehingga dapat membunuh jamur dan menghilangkan bau pada handuk.

Cara menggunakan kedua bahan ini untuk membersihkan handuk pun cukup mudah. Siapkan 2 liter air di ember, masukkan 2 sdm micin dan cuka makan secukupnya ke ember tersebut. Lalu aduk-aduk sebentar menggunakan sendok. Pastikan seluruh bagian handuk terendam dengan baik.

bersihkan handuk mandi berjamur © TikTok

foto: TikTok/@alfarizki_2221

Biarkan handuk direndam selama sekitar 2 jam. Sesekali gosok-gosok bagian yang berjamur atau bernoda dengan tangan atau sikat.Usai direndam, tampak noda hitam pun mulai luruh ke dalam air. Air rendaman tadi pun berubah lebih keruh yang menandakan jamur sudah mulai luntur. Handuk yang semula hitam dan berjamur kini jadi tampak bersih.

bersihkan handuk mandi berjamur © TikTok

foto: TikTok/@alfarizki_2221

Tahap selanjutnya adalah mencuci handuk tersebut dengan menggunakan detergen. Kamu bisa mencucinya dengan cara manual atau pakai mesin cuci. Setelah itu bilas menggunakan air mengalir sampai semua sisa detergen dan jamurnya terbilas bersih. Kamu juga bisa menambahkan pelembut untuk mendapatkan serat yang tetap lembut.

bersihkan handuk mandi berjamur © TikTok

foto: TikTok/@alfarizki_2221

Terakhir, jemur di bawah terik matahari langsung sampai handuknya benar-benar kering. Handuk yang tadinya penuh noda jamur pun kini sudah bersih. Jadi kelihatan seperti beli baru kan?

bersihkan handuk mandi berjamur © TikTok

foto: TikTok/@alfarizki_2221

Video yang membagikan cara ampuh membersihkan handuk yang berjamur ini pun viral dan telah ditonton lebih dari 287 ribu kali. Beragam reaksi pun membanjiri kolom komentar pada unggahan tersebut.

Jazakillah ilmunya sangat bermanfaat ,selama ini aku beli citrun direndam baru di rendam dg detergen baru cuci," kata @shaqiel35

Ahh pas bgt. anduk anak bgni. mau coba. Terima kasih ilmunya," tulis @citrafestina

Y ALLAH,, dulu punya micin g kepake di buang.. pdhl bisa bermanfaat buat yg lain," pungkas @seramjxc1f3

 

@bundaalfa_2221 tips buat emak emak#peralatanrumahtangga #fyp suara asli - Alfarizki