×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini cara astronaut bersihkan baju mereka saat di luar angkasa

View Image

0

BRILIO » Wow

Begini cara astronaut bersihkan baju mereka saat di luar angkasa

Baju kerja dan celana mereka ternyata diganti selama 10 hari sekali

24 / 04 / 2019 14:11

Brilio.net - Bertugas di luar angkasa perlu persiapan matang. Misalnya membawa persediaan makanan yang cukup. Tidak cuma itu, peralatan yang dikenakan astronaut harus mampu melindungi mereka dari kondisi luar angkasa.

Untuk melindungi tubuh mereka, para astronaut memakai baju khusus luar angkasa. Baju tersebut berupa setelan tebal warna putih dilengkapi helm.

Nah, pernahkah kamu bertanya-tanya, baju yang besar dan tebal itu perawatannya gimana ya?

Baru-baru ini seorang astronaut asal Texas, Anne McClain berbagi kisah cara merawat baju luar angkasa. Cerita tersebut ia bagikan via akun Twitter @AstroAnnimal.

"Perawatan baju luar angkasa. Masing-masing seragam seperti pesawat luar angkasa kecil yang memiliki tenaga, udara, dan sistem air yang bekerja bersamaan untuk menjaga atmosfer sesuai dengan tubuh manusia, sekaligus melindungi astronaut dari ruang yang hampa," ujar McClain.

Dilansir brilio.net dari nano-magazine.com, Rabu (22/4), para insinyur telah mengembangkan pakaian antariksa pembersih sendiri yang menggunakan teknologi karbon nanotube untuk membersihkan debu ruang yang sangat abrasif. Serat karbon nanotube fleksibel, membuat kain kebal terhadap partikel debu yang bermasalah.

Berdasarkan laporan NASA Stasiun Ruang Angkasa Internasional punya beberapa baju yang dikenakan saat di luar angkasa. Sama seperti orang kebanyakan, mereka punya baju untuk bersantai, bekerja di dalam stasiun luar angkasa, dan saat mendarat atau lepas landas. Astronaut biasa menyiapkan baju luar angkasa jauh hari sebelum lepas landas.

Lalu bagaimana cara membersihkan baju di luar angkasa?

Biasanya astronaut jarang mengganti pakaian kerja mereka. Mereka tidak biasa sering ganti baju karena di luar angkasa tidak ada mesin cuci.

Tidak seperti orang kebanyakan, astronaut mengganti celana pendek dan kaus miliknya usai beraktivitas selama tiga hari. Sementara itu baju kerja dan celana akan diganti selama 10 hari sekali.

Ketika baju sudah kotor, astronaut tidak akan cuci baju di luar angkasa. Mereka akan memasukkan baju itu ke kantong plastik. Setibanya di bumi, baju itu akan dibuang dan dibakar.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more