Brilio.net - Surat Al-Lahab atau Al-Massad merupakan surat ke-111 dalam Alquran yan diturunkan di Mekkah. Surat ini terdiri dari lima ayat dan nama surat diambil dari kata Al-Lahab yang memiliki arti gejolak api.

Surat Al-Lahab menceritakan tentang kisah Nabi Muhammad SAW yang dibenci dan ditentang oleh sang paman, Abu Lahab. Dari kisah Abu Lahab dan Nabi Muhammad SAW, kamu bisa memahami bahwa adanya hubungan kekeluargaan belum tentu akan berujung baik. Hubungan kekeluargaan yang baik ialah yang mengatasnamakan keimanan.

Selain memahami arti kekeluargaan yang sesungguhnya, kamu juga bisa belajar mengenai siksa neraka yang kejam. Dalam surat Al-Lahab, Allah pun mengancam Abu Lahab dan istrinya dengan api neraka, "Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia! Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka)."

Supaya kamu dapat belajar dan memahami lebih lanjut mengenai surat Al-Lahab, kamu bisa membaca surat tersebut. Nah, berikut brilio.net kutip dari berbagai sumber, Jumat (7/1), bacaan surat Al-Lahab yang lengkap dengan huruf Arab, latin, dan terjemahannya.

1. Surat Al-Lahab ayat 1

surat Al-Lahab © 2022 brilio.net

tabbat yad ab lahabiw wa tabb

Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan benar-benar binasa dia!

2. Surat Al-Lahab ayat 2

surat Al-Lahab © 2022 brilio.net

m agn 'an-hu mluh wa m kasab

Tidaklah berguna baginya hartanya dan apa yang dia usahakan.

3. Surat Al-Lahab ayat 3

surat Al-Lahab © 2022 brilio.net

sayal nran ta lahab

Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak (neraka).

4. Surat Al-Lahab ayat 4

surat Al-Lahab © 2022 brilio.net

wamra`atuh, ammlatal-aab

Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah).

5. Surat Al-Lahab ayat 5

surat Al-Lahab © 2022 brilio.net

f jdih ablum mim masad

Di lehernya ada tali dari sabut yang dipintal.