Brilio.net - Surat Al-Fil merupakan surat ke-105 dalam Al-Quran yang diturunkan di Makkah. Nama surat Al-Fil diambil dari kata Al-Fil yang ditemukan pada ayat pertama dan memiliki arti "gajah." Surat yang terdiri dari lima ayat ini sering dibaca pada waktu sholat karena termasuk surat pendek dan sangat mudah dihafalkan.

Dengan membaca surat Al-Fil, kamu akan mengetahui tentang kisah kegagalan dari Abrahah dan pasukan gajahnya yang ingin menghancurkan Kakbah pada tahun 570 M. Abrahah sendiri merupakan gubernur daerah Najasi, Yaman yang ingin membangun gereja besar di daerahnya. Ia pun tergolong sebagai kaum nasrani.

Abrahah sangat penasaran mengapa banyak orang mengunjungi Kakbah dan bisa meningkatkan penjualan bagi para pedagang disekitarnya. Kemudian Abrahah pun ingin membangun gereja sendiri supaya haji yang ada di Makkah dapat dipindahkan ke Yaman. Keinginannya menghancurkan Kakbah muncul karena pada saat itu orang-orang Arab menjelek-jelekkan gereja orang nashrani, sehingga Abrahah marah.

Namun, upaya Abrahah dan pasukan gajahnya merebut Kakbah di Mekah bisa digagalkan berkat kumpulan burung ababil yang didatangkan oleh Allah SWT. Burung-burung tersebut membawa batu yang kemudian dilemparkan pada Abrahah dan pasukan gajahnya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Selain menceritakan kisah tentang kuasa Allah yang ditunjukkan melalui datangnya burung Ababil, ada beberapa manfaat lain yang didapatkan ketika membaca surat Al-Fil. Manfaat tersebut diantaranya, membaca surat Al-Fil dalam pertempuran bisa membuat musuh dibayangi rasa takut dan akan lari dengan sendirinya. Tak hanya itu saja, membaca surat Al-Fil juga bisa memperlancar rezeki dan hajat, serta menjadi sosok orang yang disayangi oleh Allah maupun orang sekitar.

Untuk lebih memahami dan mendapatkan manfaat dari surat Al-Fil, kamu bisa membaca surat tersebut beserta terjemahannya. Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/1), inilah bacaan surat Al-Fil yang lengkap dengan Arab, latin, dan terjemahannya.

1. Alam tara kaifa fa'ala rabbuka bi ashaabil fiil

Bacaan surat Al-Fil © 2022 brilio.net

Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?

2. Alam yaj'al kai dahum fii tad liil

Bacaan surat Al-Fil © 2022 brilio.net

Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?

3. Wa arsala 'alaihim tairan abaabiil

Bacaan surat Al-Fil © 2022 brilio.net

dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong,

4. Tar miihim bi hi jaaratim min sij jiil

Bacaan surat Al-Fil © 2022 brilio.net

yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,

5. Faja 'alahum ka'asfim m'akuul

Bacaan surat Al-Fil © 2022 brilio.net

sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

(brl/guf)