Brilio.net - Istilah PIC sering terdengar dalam dunia kerja atau di sebuah organisasi. PIC merupakan sebuah bagian yang memiliki peranan sangat penting dalam menjalankan suatu pekerjaan di perusahaan. Mereka yang dianggap penting karena bertanggung jawab penuh atas keberlangsungan sebuah project atau event sesuai dengan rencana.

Maka dari itu, seseorang yang ditunjuk sebagai PIC tentunya harus berkompeten dalam mengatur dan mengelola suatu kegiatan. Tak hanya itu, orang yang ditunjuk sebagai PIC juga perlu memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Selain itu juga, ada beberapa skill atau kemampuan yang perlu dimiliki jika kamu berminat melamar pekerjaan pada jabatan PIC. Bahkan kamu juga perlu memahami setiap tugas dan tanggung jawab PIC dengan baik supaya dapat mengimplementasikan secara optimal.

Untuk lebih memahami arti, tugas, dan skill yang dibutuhkan dari PIC, berikut telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (21/9).

Pengertian PIC.

Arti PIC adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

PIC adalah singkatan dari person in charge. Sesuai dengan kepanjangannya dalam bahasa Inggris, PIC merupakan orang yang bertanggung jawab dalam jalannya suatu tugas pekerjaan, proyek, atau event di suatu perusahaan.

Status PIC biasanya diberikan oleh atasan yang lebih berwenang seperti manajer atau kepala divisi, kepada orang yang berada di bawahnya untuk mengemban tanggung jawab melancarkan suatu proyek. Orang yang ditunjuk sebagai PIC biasanya memiliki kemampuan atau berkompeten dalam menangani tugas yang diberikan. PIC memiliki tugas yang bermacam-macam sesuai dengan yang dimandatkan kepadanya, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Contohnya, ketika tim sales sedang memiliki dua proyek yang harus ditangani oleh masing-masing satu orang, maka kepala divisi sales atau manajer bisa menunjuk dua orang anggotanya menjadi PIC dalam proyek tersebut. PIC adalah orang yang nantinya akan bertanggung jawab menjalankan proyek tersebut dan memberikan laporan kepada kepala divisi.

(brl/lea)