Brilio.net - Pastinya dalam kehidupan sehari-hari sudah nggak asing dengan istilah nostalgia. Nostalgia adalah kenangan masa lalu atau kenangan manis pada masa yang telah lama silam.

Segala kejadian dan kenangan di masa lalu, seringkali membawa makna dan meninggalkan kesan mendalam. Apalagi jika kenangan tersebut sangat indah dan menyenangkan, pastinya momen tersebut ingin terulang kembali di masa sekarang. Inilah yang kemudian memunculkan rasa rindu terhadap kenangan masa lalu yang merupakan bagian dari nostalgia.

Nostalgia berkaitan dengan setiap momen yang terbentuk dan membekas dalam ingatan terhadap peristiwa indah di masa lalu. Karena sulit untuk dilupakan, kenangan indah itu yang membuat seseorang nostalgia.

Nah, untuk dapat memahami lebih jelas terkait dengan arti dan manfaat dari nostalgia. Berikut telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (19/8).

Arti dan makna nostalgia.

Arti nostalgia adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian nostalgia memiliki dua poin penjelasan. Pertama, nostalgia adalah tentang kerinduan pada sesuatu yang sangat jauh letaknya atau sekarang sudah tidak ada lagi. Kerinduan yang dimaksudkan bahkan terkadang terjadi secara berlebihan. Arti kedua, nostalgia adalah kenangan manis di masa lalu.

Sementara menurut etimologi, nostalgia merupakan istilah yang diambil dari penggabungan dua akar kata bahasa Yunani Kuno, yaitu kata 'nostos' yang artinya kepulangan, serta 'algos' yang berarti luka atau sakit. Jika disimpulkan, nostalgia berkaitan dengan rasa rindu terhadap kenangan manis, indah, berkesan di masa lalu namun sudah tidak bisa terulang kembali atau tidak ada lagi di masa sekarang.

Setiap orang tentu memiliki kenangan dan pengalaman selama hidupnya. Kenangan itu bisa saja manis, indah, membahagiakan, atau justru sebaliknya. Namun, apapun jenis kenangan itu terkadang sangat membekas di hati dan membuat sulit untuk move on. Terlebih jika menjumpai suatu kejadian atau situasi yang terbilang mirip dengan masa lalu, alhasil muncul rasa nostalgia.

Tak jarang nostalgia dapat muncul secara tiba-tiba melalui hal-hal kecil yang tak terduga. Seperti halnya, aroma, musik, atau tempat yang mengingatkan pada perasaan nostalgia. Tak hanya menghubungkan pada memori masa lalu, nostalgia juga mampu mengubah otak dengan cara-cara menarik. Dengan demikian, dapat memberikan manfaat yang positif, terutama untuk kesehatan mental.

 

(brl/pep)