Brilio.net - Tugas seorang siswa selain belajar dengan giat juga mengerjakan tugas sekolah yang diberikan dari guru. Tugas-tugas itu berguna untuk menguji kemampuan berpikir anak dan menghubungkan dengan materi yang telah dipelajari. Tingkat kesulitan tugas juga bermacam-macam, nih. Semakin naik kelas semakin sulit pula pekerjaan rumah yang dikerjakan.

Kayak tugas sekolah siswa yang satu ini. Dalam sebuah postingan video di TikTok, seorang remaja memperlihatkan tugas akhir ditingkat sekolah dasar miliknya. Uniknya, bentuk dan susunan pada tugas akhir tersebut menyerupai skripsi milik mahasiswa Strata 1.

tugas sd bak skripsi © 2021 TikTok

foto: TikTok/@watsapguisee

"Siapa yang SD nya lulus harus bikin tugas akhir kaka skripsi? I did (aku pernah)" bunyi keterangan dalam video milik TikTok @watsapguisee.

Warganet yang penasaran meminta sang pengunggah menunjukkan isi tugas akhir tersebut, "Review isi ya cepattt!!," pinta akun @Rosyda.

Remaja bernama Calista Ardelia akhirnya memperlihatkan tugas akhir sewaktu masih di sekolah dasar. Tugas tersebut dijilid menggunakan hardcover dan terdapat judul 'Emansipasi Wanita' pada sampul.

tugas sd bak skripsi © 2021 TikTok

foto: TikTok/@watsapguisee

"Jadi yang pertama itu buat judulnya itu terserah, tapi nggak boleh sama kayak angkatan sebelumnya," jelasnya.

Saat dibuka dalamnya, terdapat lima bubuhan tanda tangan yang distempel menggunakan cap basah. Ada lembar persembahan juga yang biasanya sering ditemukan dalam laporan tugas akhir mahasiswa.

Tugas akhir sekolah dasar tersebut juga terdapat latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan, bahkan sampai bagian pembahasan. Semua isi tugas tersebut lengkap menyerupai skripsi.

tugas sd bak skripsi © 2021 TikTok

foto: TikTok/@watsapguisee

Calista menjelaskan dalam proses pengerjaan tugas akhir tersebut ada revisi dan presentasi yang dilewati setiap murid.

"kita juga ada revisi-revisi juga, sama minta tangan ke pembimbing ke penguji," terang Calista.

"Nah nggak cuma itu, kita juga presentasiin hasil kita ini pakai power point di depan penguji, pembimbing, dan ada beberapa wali murid juga gitu kalau ngga salah," pungkasnya.

Melihat tugas akhir anak sekolah dasar yang cukup sistematis bak skripsi ini membuat warganet terheran namun juga takjub. Pujian itu disampaikan langsung lewat kolom komentar postingan.

"baru sd lho padahal udh disuruh gitu," kata akun @rizzz.25

"whattt, anak sd suruh presentasi pake ppt? keren bangett," puji shofaaaa.

"hal kyk gini bagus si diterapin di sd..soalnya jaman gw SMP-kuliah skrg.. banyak temen gw yg masyallah kgk bisa bikin laporan/makalah kyk gini," komentar akun @mightfear.

"wah untuk kerjaan anak SD sih ini keren banget," timpal akun @giscyy.

Berikut video lengkapnya:

@watsapguisee

Reply to @rosiydaa ##voiceeffects btw gapake riset risetan inii tu

Say So (Instrumental Version) [Originally Performed by Doja Cat] - Elliot Van Coup