Brilio.net - Penjara kerap dilekatkan dengan hal-hal yang bikin sengsara: gelap, jorok, makanan tak enak, dan lain sebagainya. Stereotip itu barangkali tak sepenuhnya benar, meski wajar saja ada yang punya anggapan begitu. Sebab, penjara memang berisi orang-orang yang pernah melakukan kejahatan tindak pidana. 

Namun, hal yang berbeda terjadi di salah satu sel tahanan yang berada di Minahasa,  Sulawesi Utara. Sel tahanan itu, paling tidak, punya jadwal rutin makan enak. Di jadwal-jadwal rutin itu, mereka bisa makan-makanan yang tak biasa dihidangkan di penjara seperti bakso, nasi goreng, martabak, dan lain sebagainya.

Makanan tersebut tak datang dari dapur penjara seperti biasanya. Akan tetapi, makanan enak itu dibeli dan dibagikan oleh seorang polisi sekaligus content creator TikTok @pakpol39. Polisi tersebut rutin membelikan makanan untuk tahanan setiap ia dapat tugas piket untuk menjaga markas.  Hal tersebut diketahui dari unggahannya di TikTok yang dilansir oleh brilio.net pada Selasa (20/6).

Aksi polisi bagi makanan ke tahanan © TikTok

foto: TikTok/@pakpol39

Unggahan video itu dimulai dengan penampakan polisi yang berada di tengah-tengah paviliun berisi dua sel. Di paviliun itu, ia menawarkan tahanannya untuk memilih makan bakso atau martabak. Para tahanan itu pun serentak memilih bakso.

Alhasil, @pakpol39 pun menjalankan tugas piketnya terlebih dahulu. Usai melakukan tugas piket, ia pun mengunjungi salah satu warung bakso favoritnya untuk membeli 25 porsi bakso seharga Rp375 ribu tapi ia bayar dengan uang Rp 400 ribu. Bakso itu nantinya akan dibagikan kepada 22 tahanan dan 3 seniornya di kepolisian.