Brilio.net - Siapa yang tidak mengenal Haryanto, ia merupakan bos besar dari perusahaan otobus bergengsi. Kerja kerasnya dan kepintaran dalam mengelola bisnis, membuat Haryanto bisa sesukses seperti sekarang. Bos PO Haryanto ini memiliki sifat yang rendah hati.

Bergelimang harta, Haryanto tak segan untuk membantu orang-orang yang kesulitan ekonomi. Salah satunya membantu seorang tukang becak dengan membuatnya memiliki taraf hidup yang lebih baik. Lewat kanal YouTube miliknya, pria yang religius itu membagikan momen saat dirinya berkunjung ke tempat tinggal sang tukang becak.

Melansir akun YouTube Po Haryanto Official, Jumat (27/8), pria yang disapa Haji Haryanto itu datang ke rumah sang tukang becak bernama Pak Sismoyo. Sebelum melihat rumah yang sedang dibangun tersebut, ia terlebih dulu menyapa Pak Sismoyo di depan rumahnya.

haryanto bangun rumah tukang becak © 2021 YouTube

foto: YouTube/Po Haryanto Official

"Pak Sismoyo ini kerjanya apa?" tanya Haryanto.

"Saya kerjanya becak mas. Ini saya bangun dan dibantu Pak Haji Haryanto, mengucapkan terima kasih. Karena kekurangan dana (bantuan) akhirnya terlanjur saya terima dengan ikhlas," ucap Pak Sismoyo.

Bagi Haryanto biaya bukanlah masalah untuknya. Ia hanya berharap semoga Pak Sismoyo tak melupakan kewajibannya sebagai seorang muslim. Haryanto berpesan agar ibadah salat tak pernah ditinggalkan. Karena menurutnya, keberkahan hidup berasal dari tak lain dari ketaatan manusia kepada Sang Pencipta.

haryanto bangun rumah tukang becak © 2021 YouTube

foto: YouTube/Po Haryanto Official

"Yang penting gini ya Pak Sis, ya. Saya jadiin rumah ini, biaya saya yang menanggung semuanya, ya. Saya cuma pesan jangan meninggalkan salat," paparnya.

Sebelum rumah tukang becak itu dibangun, rupanya Haji Haryanto mendapat kabar bahwa ada rumah milik tukang becak yang ambruk. Tak disangka tukang becak tersebut adalah tetangga desanya sendiri. Akhirnya dengan sigap Haryanto segera membangun kembali rumah yang ambruk tersebut.

Rupanya bukan hanya rumah tukang becak Pak Sismoyo yang pernah dibangun oleh Haryanto. Tak jauh dari rumah tukang becak, terdapat satu rumah milik warga yang dulu kumuh kini menjadi lebih layak untuk ditinggali.

haryanto bangun rumah tukang becak © 2021 YouTube

foto: YouTube/Po Haryanto Official

"Ini dulu rumah yang kayak begini (tidak layak), sekarang udah saya bangunin, udah bagus. Ini adalah rumah yang saya bangun," jelasnya.

Ia mengaku bahwa penderitaan yang dirasakan oleh orang-orang disekitarnya adalah penderitaan yang ia rasakan juga. Sehingga Haryanto pelan-pelan mencoba membantu warga yang membutuhkan.

(brl/lea)

(brl/lea)